Mohon tunggu...
Risda Putri Indriani
Risda Putri Indriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hai! Panggil saya Risda !

Biologi - Pendidikan - Islam Mahasiswa Pendidikan Biologi-UNJ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Tumbuhan Karnivora: Mengenal Lebih dekat dengan Drosera sp.

29 September 2022   08:00 Diperbarui: 29 September 2022   08:00 187 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Drosera menangkap serangga/Wikimedia

Drosera atau dikenal sundew merupakan tumbuhan pemakan serangga (carnivorous plant) yang tersebar terutama di Australia, Afika, Amerika Selatan, dan beberapa spesies di belahan bumi di utara. Namun Drosera juga dapat hidup di Indonesia. Jenis Drosera tersebar di Indonesia seperti di Jawa yaitu Drosera indica, di Sulawesi yaitu Drosera peltata, Sumba dan Biliton yaitu Drosera burmanii

Drosera memiliki cara khas untuk menangkap serangga. Drosera dapat merubah struktur daunnya sehingga memiliki tentakel kecil bulat putih seperti embun. Namun, embun ini sangat lengket seperti lem sehingga serangga yang menempel di tentakel tersebut tidak akan bisa lepas. Beberapa jenis drosera dapat menggulung daunnya ketika serangga terperangkap. Lem tersebut selain lengket, juga dapat menyerap nutrisi serangga sehingga dapat dipergunakan agar drosera tetap hidup.

Drosera sebenarnya mudah untuk dibudidayakan. Drosera dapat ditanam di media spaghnum moss, pertelite, dan cocopeat. Drosera dapat disiram dengan air nonmineral seperti air hujan, air AC, air RO, dan air cleo. Drosera dapat diletakkan di luar ruangan yang terkena sinar matahari. Drosera mudah untuk dibudidayakan dibandingkan dengan jenis tanaman karnivora lainnya, seperti venus, dan sarracenia. Jika kamu ingin menanam tanaman ini, kamu bisa membelinya di toko online seperti shopee dan tokopedia, selain itu kamu bisa membeli di komunitas pencinta tanaman karnivora di instagram maupun facebook. 

Sundew nama lain dari Drosera/imaggeo
Sundew nama lain dari Drosera/imaggeo

Drosera ternyata juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena memiliki senyawa aktif seperti flavonoid, asam ellagic, dan napthoquinones. Flavonoid dan naftokuinon memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang berkhasiat dalam pengobatan penyakit rongga mulut. Drosera intermedia dan Drosera anglica  telah digunakan untuk terapi infeksi saluran pernapasan. Drosera rotundifolia telah digunakan dalam pengobatan kejang sejak abad ke-17. Drosera peltata digunakan sebagai pengobatan penyakit infeksi rongga mulut seperti karies gigi dan periodontitis. Pada penelitian Asha (2017), menyebutkan bahwa Drosera indica memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan tanaman Drosera lainnya, sehingga memnungkinkan untuk memerangi penyakit stress oksidatif seperti diabetes, kanker, penyakit kardiovaskular dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber : 1 2 3

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan