Mohon tunggu...
Risda Putri Indriani
Risda Putri Indriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hai! Panggil saya Risda !

Islam - Biologi - Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

JPOP: Ada Ruang Tersendiri di Hati Penggemarnya

29 November 2021   06:00 Diperbarui: 29 November 2021   06:07 127 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

JPOP atau Jepang-Pop adalah budaya pop khas negara Jepang. Jpop merupakan sebutan umum untuk lagu berasal dari Jepang. Jpop bukan hanya ditunjukkan oleh genre pop saja, namun genre rock pun tetap disebut Jpop, walaupun ada istilah lain seperti JRock. 

Jpop bisa ditunjukkan pada sebuah grup band, idol maupun penyanyi solo. 

Jpop memiliki ciri khas yang berbeda dengan lagu-lagu dari Indonesia, Barat, India maupun Korea. Jadi, Jpop sudah memiliki ruang tersendiri di hati para penggemarnya. Berikut beberapa alasan seseorang menyukai Jpop.

  • Jpop masuk melalui kartun / anime

Jpop diperkenalkan secara luas melalui kartun / anime. Anime Jepang sudah populer di dunia, sebut saja Dragon Ball, Naruto, One Piece, dll. Anime Jepang memiliki tema mengenai persahabatan dan pantang menyerah terhadap mimpinya. 

Maka dari itu, cocok untuk perkembangan psikologi anak-anak yang memotivasi agar semangat meraih mimpi. Jpop masuk melalui lagu pembuka dan penutup anime. Sehingga, sejak kecil penonton sudah biasa mendengar lagu Jpop dan tidak merasa asing.

  • Memiliki tema yang beragam

Di Indonesia, lagu popular umumnya bertema percintaan, perselingkuhan, kegalauan dan lainnya. Jpop tidak hanya bertema percintaan, tetapi ada bertema semangat, ceria, bahkan konflik sosial. 

Jika kamu pernah mendengarkan lagu anime, maka kamu akan menemukan lirik seperti, Berjuanglah! Jangan menyerah! Percaya pada dirimu sendiri!. Lirik ini juga dipadukan dengan music yang membuat semangat menggebu-gebu. Sangat cocok untuk lagu yang diperdengarkan di pagi hari!

Perlihatkan kepadaku kita semua dapat bermimpi. Katakanlah itu belum berakhir. Bersama aku dan dirimu, mari kita membuat diri lain yang melegenda. (Grandrodeo -- The Other Self)

Adapula lagu yang bertema gelap yang menceritakan konflik sosial. Misalnya seperti Keyakizaka46 - Kuroi hitsuji (Black sheep / Domba hitam). Lagu ini memiliki perwakilan dari perasaan seseorang yang selalu disalahkan. 

Pada MVnya pun banyak digambarkan kisah-kisah orang yang tersakiti, seperti pembullyan, kematian hingga rasa ingin bunuh diri. Lagu tersebut dikemas dengan epic melalui lagu, music, MV dan koreografi. Sehingga menghasilkan lagu yang unik dan berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan