Mohon tunggu...
Risda Putri Indriani
Risda Putri Indriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hai! Panggil saya Risda !

Islam - Biologi - Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Karir

Selain SNMPTN dan SBMPTN, Ternyata Ada Jalur Masuk Ini!

22 Oktober 2021   06:00 Diperbarui: 22 Oktober 2021   06:11 121 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
University. Picpedia/NickYoungsong

Berkuliah merupakan cita -- cita anak bangsa. Apalagi jika berkuliah di Universitas Negeri. Universitas Negeri mempunyai biaya yang murah dan gengsi yang tinggi. Namun kesempatan untuk berkuliah disana, kamu harus berkompetisi dengan ribuan siswa lain di Indonesia. Untuk memperlebar peluang berkuliah di Universitas, saya informasikan jalur masuk lain selain SNMPTN dan SBMPTN. Peluang tersebut adalah berkuliah di salah satu Universitas Islam Negeri (UIN) atau IAIN. Jurusan di UIN tidak hanya untuk keislaman saja, namun ada jurusan umum seperti kedokteran, keperawatan, biologi, psikologi, dll.

  • SPAN PTKIN

Jalur ini sebenarnya sama seperti SNMPTN, yaitu seleksi melalui rapot. Ketika kamu mencoba peruntungan di SNMPTN, ada baiknya kamu juga ikut SPAN PTKIN. Jalur ini bisa diikuti oleh siswa Madrasah, Pesantren, SMA dan SMK yang sekolahnya sudah terdaftar. Hanya saja, SPAN PTKIN kamu hanya bisa memilih jurusan tertentu saja (tidak semua jurusan terbuka untuk dipilih). Kelebihan dari program ini adalah, jalur SPAN PTKIN mempunyai passing grade / nilai kelulusan lebih rendah dibandingkan SNMPTN. Selain itu, kemungkinan besar hanya siswa muslim saja yang mau berkuliah disana.

  • UM PTKIN

Jalur ini mirip dengan SBMPTN. Melalui jalur ini, kamu bisa memilih jurusan apapun di UIN / IAIN di Indonesia. Terdapat tes tertulis berupa tes kemampuan dasar (TKD), tes bahasa inggris dan bahasa arab, tes keislaman (akidah akhlak, fikih, sejarah kebudayaan islam), matematika dasar, tes IPA (untuk mata kuliah rumpun IPA) dan tes IPS (untuk mata kuliah rumpun IPS).

Jalur ini mirip dengan jalur Mandiri untuk universitas negeri. SPMB diadakan di masing-masing Universitas Islam. Ini adalah jalur terakhir untuk masuk ke UIN / IAIN. Pada jalur masuk ini semua jurusan, baik jurusan keislaman maupun umum dapat terbuka untuk di pilih. Tes untuk SPMB Mandiri sama saja dengan UM PTKIN, hanya saja soal yang diberikan tiap instansi berbeda-beda.

Salah satu hal yang terbesit dipikiranmu adalah bagaimana cara menghadapi bahasa arab. Namun kamu tidak perlu takut. Setelah diterima di UIN / IAIN kamu akan mendapatkan mata kuliah Bahasa Arab di semester pertama. Jika kamu memilih jurusan umum, maka kemungkinan besar jurusanmu tidak mewajibkan kamu untuk lulus TOAFL (sejenis TOEFL tetapi bahasa Arab). Satu hal terakhir, dengan berkuliah di UIN / IAIN maka ilmu yang kamu dapatkan bukan hanya pengetahuan ilmu dunia saja, namun juga dunia akhirat. Dosen di UIN / IAIN merupakan dosen yang berpengaruh terhadap perkembangan organisasi Islam di Indonesia. Yang pasti, jangan berhenti untuk berkuliah! Tetap semangat!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan