Mohon tunggu...
Ririn Dwitasari
Ririn Dwitasari Mohon Tunggu... Green Life style

Be better than yesterday

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Wahana Tirta Garden, Indah Terlihat, Menambah Insight

18 Juni 2021   21:34 Diperbarui: 18 Juni 2021   22:14 200 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wahana Tirta Garden, Indah Terlihat, Menambah Insight
Wahana Tirta Garden

Jelang weekend, sudah ada rencana akan kemana? Ingin ke tempat piknik bernuansa alam tetapi tidak ingin yang terlalu jauh dan memakan waktu, ingin bermain tetapi juga menambah wawasan?Jangan khawatir, kami ingin memperkenalkan tempat wisata alam dan juga wisata pendidikan sekaligus disatu tempat. Nama lokasi wisatanya adalah Wahana Tirta Garden yang terletak di Jalan Tirtayasa, gg Rewok, Desa Campang Raya, Kecamatan Tanjung Karang timur, Bandar Lampung. Harga tiket masuk hanya 5000 per orang, dan beroperasi dari pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam. Kami pegawai KPH Pesawaran telah melakukan kunjungan teknis ke lokasi ini, guna membina hubungan kerjasama dan pengembangan yang baik untuk kedepannya, tutur Bapak Iskandar perwakilan dari KPH Pesawaran. Tempat wisata ini banyak membudidayakan tanaman anggrek, mulai dari metode perbanyakan, persilangan antar spesies, hingga perawatan tanaman anggrek. Sejatinya tanaman anggrek berasal dari hutan, sehingga KPH Pesawaran dan Wahana Tirta Garden memiliki visi yang sama dalam hal pelestarian beragam jenis anggrek. Dengan harapan sinergi yang baik akan menghasilkan beragam anggrek spesies yang berasal dari kawasan hutan dan dilestarikan melalui kultur jaringan di Wahana Tirta Orchid.

Tempat wisata ini tidak hanya mempesona namun juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Bagaimana tidak, awal mula tempat wisata ini tercipta adalah memindahkan keindahan yang ada di hutan ke tengah kota agar dapat dinikmati oleh lebih banyak masyarakat, tutur Pak Sunarto sebagai pemilik sekaligus direktur tempat wisata tersebut. Keindahan ini dicerminkan dari beragam jenis tanaman anggrek, pakis dan berbagai tanaman lainnya, baik dari jenis buah buahan maupun tanaman bunga. Mungkin untuk sebagian orang yang tinggal disekitar hutan pohon pakis adalah sesuatu yang biasa dan tidak memiliki daya tarik. Namun, bagaimana dengan reaksi orang kota yang mungkin jarang atau belum pernah melihat pohon pakis? Tentu akan menimbulkan keingintahuan yang berbeda. Selain indah nan mempesona, disini juga terdapat laboratorium kultur jaringan. Laboratorium ini bertujuan untuk pemuliaan berbagai jenis tanaman dengan waktu yang relatif lebih singkat dan menghasilkan anakan lebih banyak.

Wahana Tirta Garden, dapat disebut sebagai tempat wisata paket lengkap. Di dalam wahana tirta garden tidak hanya menampilkan keindahan, kesejukan, keceriaan namun juga menyediakan tempat khusus untuk pengembangan kultur jaringan. Terdapat 4 zona yang masing - masing memiliki fungsi dan keindahannya tersendiri. Zona pertama dikhususkan untuk tempat yang berisi berbagai macam bunga. Pada zona ini terdapat beragam jenis aglonema, antorium, angrek, bougenvil, kaktus, beragam bonsai dan lainnya. Pada zona ini juga dilengkapi dengan Anggrek greenhouse. Didalamnya terdapat banyak jenis anggrek yang sedang dikembangkan, misalnya anggrek bulan, dan beragam persilangan anggrek dendrobium. Fasilitas gazebo untuk berkumpul bersama dengan keluarga pun tersedia. Tak ketinggalan, dizona ini juga terdapat skuter yang disewakan kepada pengunjung. Zona pertama ini disebut dengan Wahana tirta pesona.

Zona Wahana Tirta Pesona              Konten Terkait                                                                                                             Di Rumah Itu Indah                                                                                                              Menjajal Wahana Seru Trans Studio Cibubur                                                                                                              Sepak Bola Indah dari Maracana                                                                                                              Covid-19 Menambah Populasi Indonesia                                                                                                              Ekowisata Wana Tirta Berkomitmen Menjaga Kelestarian Hutan Mangrove dan Pesisir                                                                                                              Implementasi Insight dari "Start Up" Episode 5
Zona Wahana Tirta Pesona Konten Terkait Di Rumah Itu Indah Menjajal Wahana Seru Trans Studio Cibubur Sepak Bola Indah dari Maracana Covid-19 Menambah Populasi Indonesia Ekowisata Wana Tirta Berkomitmen Menjaga Kelestarian Hutan Mangrove dan Pesisir Implementasi Insight dari "Start Up" Episode 5
Zona kedua adalah zona tirta rasa, ya sesuai dengan namanya, zona ini berisi cafe dan resto yang juga dikelilingi oleh pemandangan anggrek dan pakis. Asri, nyaman, dan tenang adalah gambaran yang tepat untuk zona ini, ditambah dengan segarnya kelapa muda dan nikmatnya beragam menu yang tersedia.

@Wahanatirtapesona
@Wahanatirtapesona
Zona ketiga adalah zona bermain dan berbagai tanaman buah. Beberapa wahana bermain yang ada seperti ayunan, perosotan, rumah pohon, skuter hingga mini komedi putar. Zona ini sangat cocok untuk anak-anak bermain sambil belajar dan instagramable tentunya.

Wahana Bermain
Wahana Bermain

Zona keempat merupakan zona khusus untuk penelitian dan pengembangan kultur jaringan. Zona ini disebut Wahana Tirta Orchid. Fokus pengembangan tanamannya adalah anggrek namun tidak menutup kemungkinan banyak jenis tanaman lainnya yang juga turut dikembangkan. Kultur jaringan dipilih sebagai salah satu metode pengembangan karena cara ini hanya membutuhkan beberapa bagian saja dari tanaman/ sekelompok sel dari tanaman yang ingin di kembangkan. Bagian dari tanaman tersebut di isolasi danditumbuhkembangkan dalam kondisi aseptik, sehingga bagian tumbuhan tersebut dapat memperbanyak diri dalam waktu yang relatif singkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN