Mohon tunggu...
Ririn Anggraeni
Ririn Anggraeni Mohon Tunggu... Guru - Aku adalah hujan yang pernah jatuh dipelupuk matamu

Dengarin podcast karya- karyaku di Spotify yuk : Suara Rasa

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tips agar Tetap Berpikir Positif dalam Menjalani Hidup

5 November 2023   06:24 Diperbarui: 5 November 2023   06:41 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Dalam hidup ada masanya kita sangat bersemangat untuk menjalaninya. Namun, sewaktu-waktu adakalanya kita merasa bosan dan sangat lelah. Ujian kehidupan terkadang membawa kita pada titik dimana terkadang kita merasa ingin menyerah saja. 

Jangan mengeluh pada siapapun atas apa saja yang terjadi dalam hidup kita kecuali pada Tuhan semesta. Sebab terkadang ada yang mengharapkan kita jatuh, hancur dan tak lagi punya harapan apa-apa. 

Berharap ingin didengarkan boleh-boleh saja. Tapi, jangan terlalu sering bergantung pada empati orang lain untuk ujian hidup yang sedang kita hadapi. 

Peluklah dan obati diri sendiri jangan terlalu bergantung pada orang lain. Karena kita cuma punya diri kita sendiri. Berpikir lah positif dalam menjalani hidup agar kita kembali memiliki tujuan. 

Berikut beberapa tips untuk tetap berpikir positif dalam menjalani hidup:

1. Berlatih rasa syukur: Cobalah untuk mengenali hal-hal baik dan berterima kasihlah atas apa yang hadir dalam hidup kita. Fokus pada hal-hal positif dapat membantu mengurangi perasaan negatif.

2. Tetapkan tujuan: Menetapkan tujuan yang realistis dan memotivasi diri untuk mencapainya dapat membantu kita tetap fokus dan positif.

3. Jaga kesehatan fisik dan mental: Olahraga teratur, tidur yang cukup, dan menjaga kesehatan mental sangat penting untuk menjaga pikiran positif.

4. Hindari stres yang tidak perlu: Identifikasi faktor stres dalam hidup kita dan cari cara untuk mengelola atau menghindarinya.

5. Jalin hubungan positif: Berinteraksi dengan orang-orang yang mendukung dan positif dapat memengaruhi suasana hati kita.

6. Jangan terlalu keras pada diri sendiri: Ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna, dan kita semua membuat kesalahan. Belajar dari kesalahan dan jangan terlalu keras pada diri sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun