Mohon tunggu...
Rio ajipangestu
Rio ajipangestu Mohon Tunggu... Psikolog - free

semangat hidup

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Renovasi Penanam Taman Toga di Kelurahan Sumurejo Kecamatan Gunung Pati, Semarang

9 Desember 2021   14:22 Diperbarui: 9 Desember 2021   14:30 46 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Toga adalah tananaman obat keluarga yang merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman Toga ini pada hakekatnya adalah memanfaatkan sebidang tanah yang sedikit kosong dirumah, di sekolahan, atau pun di kelurahan yang dapat digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan akan obat-obatan herbal. Taman Toga ini dapat dijadikan sarana pembelajaran untuk masyarakat sekitar,khususnya manfaat dari tanaman yang ditanam di Taman Toga tersebut dan juga sebagai sarana ilmu pengetahuan masyarakat sekitar

        Di kelurahan Sumurejo sendiri masyarakat sekitar memanfaatkan lahan kosong untuk membuat Taman Toga, Salah satu program KKN Mandiri Misi Khusus yaitu LINGKUNGAN pihak masyarakat dan kelurahan mendukung program dari mahasiswa KKN tersebut. Semakin menambah keseriusan dalam mengolah dan merenovasi Taman Toga untuk menjadi sarana pengetahuan dan pembelajaran bagi masyarakat sekitar kelurahan Sumurejo.

        Dalam kegiatan ini teman-teman mahasiswa KKN merenovasi dan menanam tanaman di Taman Toga disekitar kelurahan Sumurejo. Beberapa jenis tanaman obat yang di tanam antara lain kunyit,kencur,lidah buaya,jahe,dan masih banyak lagi. Para mahasiswa merasa senang dan dapat merasakan langsung pengalaman menanam dan peka terhadap lingkungan.

        Salah satu faktor direnovasi dan ditanam lagi Taman Toga adalah untuk membangkitkan kembali masyarakat akan pentingnya menanam tanaman obat-obatan di area sekitar lingkungan rumah. Fungsi lain Taman Toga adalah ketersediaan fasilitas yang memadai sebagai bahan obat-obatan alami yang bisa didapatkannya dengan gratis tanpa harus membayar mahal.

        Sekarang kita akan menjelaskan fungsi tanaman-tanaman toga yang sangat penting untuk kehidupan kita dan sebagai obat yang alami

  • JAHE

Jahe adalah anggota suku Zingiberaceae. Merupakan tanaman herba semusim, tegak, tinggi 40-50 cm. Ada tiga jenis jahe yaitu gajah, emprit, dan merah. Jahe merupakan komoditas pertanian yang memiliki peluang dan prospek yang cukup baik untuk dikembangkan di Indonesia.Banyak dijajakan di penjual angkringan. Jahe mengandung minyak atsiri zingiberena, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Khasiatnya untuk mengatasi batuk, membangkitkan nafsu makan, mulas, sakit kepala, dan perut kembung. Melihat manfaatnya yang besar, tentu jahe dapat dijadikan referensi jenis tanaman toga.

  • KUNYIT

Tanaman toga selanjutnya ialah kunyit. Kunyit merupakan tanaman perennial herbaceous dari keluarga Zingiberaceae yang berasal dari Asia Selatan dan memiliki bunga majemuk. Rimpangnya berwarna orange. Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman toga yang mudah dipelihara di rumah.

Manfaat kunyit bagi kesehatan ialah:

Meringankan radang usus buntu dan radang rahim,

Air perasan kunyit, kuning telur, kapur sirih dapat menyembuhkan radang amandel.

Air perasan kunyit, isi buah pinang, kapur sirih dan madu dapat meringankan asma.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan