Rinto F. Simorangkir
Rinto F. Simorangkir Guru

Seorang muda yang berharap Indonesia menjadi bangsa yang besar, bermartabat dan diakui..melalui karya dan kerja nyata...pengen menjadi penulis novel inspiratif (lagi otw) web : http://rintoartikel.blogspot.co.id/ https://profits1asik.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

[Imlek Komed] Imlek 2019 Menjaga Budaya, Toleransi, dan Kebersamaan, Xin Nin Kuai Lei

5 Februari 2019   19:32 Diperbarui: 5 Februari 2019   22:32 71 4 2
[Imlek Komed] Imlek 2019 Menjaga Budaya, Toleransi, dan Kebersamaan, Xin Nin Kuai Lei
detik.com

Pentingnya menjaga toleransi di antara kita sebagai warga Indonesia yang memang beragam sudah sewajarnya senantiasa kita lakukan. Sebab kalau tidak maka keributan, kekacauan akan senantiasa terjadi. Maka bersyukur melihat pemimpin-pemimpin daerah yang berani melawan permintaan seperti pembatalan semacam perayaan yang hari ini kita laksanan.

Tahun 2018 lalu ramai pencarian tentang arti Gong Xi Fa Cai. Yang ternyata artinya bukan selamat tahun baru. Seperti yang dilansir oleh tribunnews.com (5/9/2019) arti dari Gong Xi Fa Cai lebih kepada selamat semoga semakin kaya dan berlimpah.

Dan ada dua kalimat yang lebih tepat jika kita sampaikan kepada kerabat kita yang memang merayakan perayaan tahun baru imlek yang artinya Selamat Tahun Baru pada Imlek tahun  2019 ini, yakni : Xin Nin Kuai Lei dan Gong He Xin Xi.

Meskipun tidak ada salahnya juga jika mengucapkan Gong XI Fa Cai, sebab itu juga merupakan doa yang diinginkan bagi orang yang mendengarkannya.

Hampir di tiap tahun baru apapun bisa dipastikan sebelum memasuki di tahun baru tersebut pasti akan ada acara-acara semacam evaluasi hidup. Atas pencapaian mauapun atas kegagalan sehingga di tahun baru menjadi semacam perbaikan diri sehingga semakin lebih baik di tahun-tahun yang akan dijalani.

Dan akan ada perayaan-perayaan kebudayaan ataupun perayaan khusus untuk bisa menikmati ataupun menghayati momen-moment tahun baru yang akan segera dijalani. Khusus imlek di tahun 2019 ini menjadi tahun yang spesial. Disamping adanya harapan yang baru di shio yang baru, yakni shio Babi Tanah, maka tiap-tiap orang akan ada peruntungannya masing-masing.

Bahkan sudah ada banyak prediksi-prediksi ke depannya, baik itu tentang kesahatan, jodoh atau asmara, keuangan dan bisnis menjadi 4 hal yang selalu dicari-cari orang dari para pakar Fengshui.  Yang tentunya akan selalu disesuaikan dengan karakter shio Babi tersebut.

Satu hal yang tak terlupa di dalam menjalani moment imlek, yaitu kebersamaan bersama keluarga. Saling berbagi berkat, terutama berbagi ampau dari orang yang sudah punya berkat atau kerja kepada anak-anak atau keluarga terdekat lainnya.

Makanan-makanan juga banyak tersedia, termasuk kue keranjang, jeruk lengkap dengan rantingnya, ikan bandeng bersama dengan daging babi, yang masing-masing punya filosofi kebaikan.

Tradisi-tradisi seperti melepaskan burung pipit yang punya makna kebebasan atas macam-macam belenggu. Adanya aksi barongshai yang dilengkapi dengan dentuman musik yang keras sebagai wujud untuk mengusir roh-roh jahat supaya tidak datang.  

Dan apapun itu perayaannya tentu merupakan bentuk ucapan syukur atas kebaikan sang pencipta kepada kita. Xin Nin Kuai Lei. Gong Xi Fa Chai.

Semoga ke depannya di tahun baru Imlek 2570 , dimana ada selisih 451 tahun atau 4 abad dengan tahun masehi yang kita laksanakan, ada perubahan yang lebih baik lagi. Toleransi, kebersamaan penting untuk kita rawat senantiasa. Dalam rangka menjaga keragaman budaya kita yang memang begitu beragamnya.