Mohon tunggu...
Rintar Sipahutar
Rintar Sipahutar Mohon Tunggu... Kemajuan sebuah bangsa ditentukan pendidikan berkualitas

"1 teladan lebih berharga daripada 1000 nasihat, 1 tindakan lebih berarti daripada 1000 omong kosong"

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Opera "Ngehoaks" Mengatasnamakan Tribun Solo

29 Juni 2019   14:06 Diperbarui: 29 Juni 2019   14:12 0 2 0 Mohon Tunggu...
Opera "Ngehoaks" Mengatasnamakan Tribun Solo
(Tangkapan layar dari Berita Opera)

Saya adalah penggemar berat browser Opera, baik versi pc maupun versi Android. Termasuk Opera Mini, saya juga menggunakannya di laptop maupun di smartphone. Alasannya adalah karena mesin perambah ini terkenal ringan, cepat dan hemat data. 

Tapi saya agak terganggu dengan link layanan berita di beranda Opera. Terkadang beritanya ngawur atau saya sebut ngehoaks. Menurut pengamatan saya kejadian ini tidak hanya terjadi sekali tetapi beberapa kali.

Contohnya seperti salah satu berita sepakbola hari ini mengenai Copa Amerika yang diberi judul "Kalahkan Juara Bertahan, Kolombia Lolos ke Semifinal Copa America 2019". Ini benar-benar sangat ngawur atau menyesatkan.

Berita yang mengatasnamakan TribunSolo ini menulis sebagai berikut:

TRIBUNSOLO.COM - Langkah sang juara bertahan Chile harus terhenti di perempat final. Alexis Sanchez Cs resmi angkat koper dari Copa America 2019, Sabtu (29/6/2019).

Pasalnya Chile dipaksa mengakui keunggulan Kolombia setelah kalah adu penalti dengan skor 5-4.Meski kalah, tentu saja Chile tidak bermain buruk. Chile bahkan menguasai jalannya pertandingan dan unggul dalam serangan.

Tercatat, Chile menguasai 58 persen penguasaan bola dan melesatkan 10 shot on goal. Namun nasib baik belum berpihak kepada mereka, selamat jalan Chile.

Sementara itu, sebagaimana yang sudah Tribun perkirakan, kunci kemenangan Kolombia ada di lini pertahanan.

Saya yang memantau dan mengikuti pertandingan ini hingga selesai, merasa kaget. Bukankah tadi yang menang Chili dengan skor akhir 4-5 melalui adu pinalti? Koq tiba-tiba sekarang berubah menjadi Kolombia?

Saya tidak yakin media sebesar TribunSolo.com akan segrasa-grusu itu. Dan saya pun mencari berita aslinya dan ternyata judul dan berita asli dari TibunSolo adalah seperti tangkapan layar berikut ini:

Tangkapan layar dari TibunSolo.com
Tangkapan layar dari TibunSolo.com
Saya pikir ini bukanlah kesalahan sepele yang harus diabaikan walaupun hanya sebatas berita olahraga. 

Sudah seharusnya pihak pengelola berita di Opera membuat klarifikasi. Atau TribunSolo memberikan teguran ke Opera karena telah mencatut namanya dalam berita bohong. Ini menyangkut kredibilitas sebuah perusahaan media.

Sebelumnya Opera juga sudah pernah membuat kesalahan fatal dengan menyebutkan Letjend (purn) Suryo Prabowo sebagai mantan Panglima TNI seperti pada tangkapan layar berikut ini:

(Tangkapan layar dari Opera)
(Tangkapan layar dari Opera)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x