Rintar Sipahutar
Rintar Sipahutar

Rintar Sipahutar, S.Pd Guru Matematika SMP Negeri 1 Lingga Utara Kab. Lingga Kepulauan Riau

Selanjutnya

Tutup

Bola

El Barca Menuju Trebel Ketika El Real Menuju Nir Gelar

10 Februari 2018   13:00 Diperbarui: 15 Februari 2018   22:18 870 0 0
El Barca Menuju Trebel Ketika El Real Menuju Nir Gelar
Dok : simbol.com

Gelar Trebel atau Trebel Winner merupakan impian semua tim dalam dunia sepakbola.

Istilah Treble dalam sepakbola menunjukkan sebuah tim yang berhasil mendapatkan tiga piala kejuaraan utama, baik domestik maupun tingkat internasional dalam satu musim atau satu periode. 

Di liga sepakbola eropa seperti Liga Spanyol misalnya, sebuah tim dikatakan mendapatkan Trebel Winner apabila berhasil meraih Juara Liga Spanyol, Piala Copa Del Rey dan Piala Liga Champions.

Sedangkan istilah Nir Gelar adalah sebutan untuk sebuah tim besar yang kaya raya bertabur pemain bintang yang harganya selangit, tetapi tidak berhasil meraih satu biji gelarpun, seperti yang akan terjadi pada El-Real musim ini.

Meraih Trebel tentu saja tidak semudah meraih Nir Gelar. Sepanjang sejarah sepakbola, terhitung baru ada 8 Trebel Winner yang berhasil diraih 7 tim hingga saat ini. Dua diantaranya diraih El-Barca sebagai tim terbaik sejagat raya.

Mereka adalah : Glasgow Celtic, Skotlandia (1966-1977), Ajax Amterdam, Belanda (1971-1972), PSV Eindhoven, Belanda (1987-1988), Manchester United, Inggris (1998-1999), Barcelona, Spanyol (2008-2009. dan 2014-2015), FC Internazionale Milan, Italia (2009-2010) dan Bayern Muenchen, Jerman (2012-2013). Sedangkan Real Madrid, Juventus, dan AC Milan belum sekalipun merasakan gelar ini.

Sekarang Barcelona berada dipemuncak klasemen liga Spanyol dengan raihan 58 poin atau terpaut 19 angka dari Real Madrid yang berada di urutan ke-4. Dengan raihan 39 poin, dan 16 sisa pertandingan. Dalam kondisi ini, sepertinya sangat sulit bagi Real Madrid untuk mengejar Barcelona kecuali ada kejadian luar biasa yang menimpa Barcelona.

Di Copa Del Rey, El-Barca berhasil maju ke babak final bertemu dengan Sevilla setelah mengalahkan Valencia dengan agregat 3-0, sementara langkah El-Real terhenti di perempat final setelah ditahan Leganes 2-2 dengan keunggulan agretivitas gol.

Di Liga Champions, juara bertahan sekaligus pemegang gelar beruntun dua kali, El-Real masih mempunyai peluang dan itulah harapan satu-satunya untuk menghindari Nir Gelar

Tetapi di babak play off El-Real harus bertemu dengan tim kuat, juara liga Perancis bertabur bintang Paris Saint-Germain. Dan itu tidak mudah untuk mengalahkannya mengingat sekarang kondisi Real Madrid yang sangat labil.

Sementara di babak play off, El-Barca bertemu dengan Chelsea yang sekarang sedang mengalami penurunan performa di liga domestik dan diterpa isu pergantian pelatih.

Dari keadaan tersebut di atas, peluang El-Barca untuk meraih Trebel Winner yang ke-3 terbuka lebar, sementara peluang El-Real untuk mengulangi Nir Gelar seperti pada tahun 2008-2009 dan 2014-2015 juga tidak kalah lebar.

Inilah adalah sesuatu yang menyakitkan. Disaat El-Barca menuju Trebel Winner, El-Real justru menuju Nir Gelar.

Visca Barca, hala Madrid...!!!