Meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran Bahasa Inggris materi imperative sentence
Permasalahan praktik pembelajaran ini bermula dari pembelajaran yang masih berpusat pada guru, guru masih mengajar dengan cara konvensional serta kurangnya minat peserta didik dalam belajar Bahasa inggris pada materi Imperative Sentence.
Pada saat belajar peserta didik hanya mendengarkan dan jarang bertanya, hanya beberapa orang saja yang bisa menjawab pertanyaan guru sebagian yang lain diam hal ini dikarenakan kurangnya kosa kata yang dimiliki oleh peserta didik sehingga menyebabkan peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan
Berdasarkan permasalahan diatas, saya melakukan wawancara dan kajian literatur yang bisa memberikan solusi yang relevan untuk permasalahan diatas yaitu dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning untuk materi imperative sentence pada siswa kelas VIII dengan memamfaatkan benda benda yang ada didalam kelas sebagai media pembelajaran
Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena sebagian besar guru mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami pada saat ini, selanjutnya praktik pembelajaran ini bisa memotivasi saya sendiri untuk mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif disamping itu praktik pembelajaran ini bisa menjadi referensi dan inspirasi bagi guru guru lain dalam mengatasi pembelajaran dikelas
Peran saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru yang bertanggung jawab dalam merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik
Didalam melaksanakan praktik pembelajaran ini ada beberapa Tantangan yang dihadapi guru, sebagai berikut :
1. Penggunaan model pembelajaran yang tepat sehingga mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran
2. Penggunaan media yang tepat dan inovatif sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik sehingga mampu menarik minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
3. Guru harus mampu meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran yang kreatif inovatif dan menyenangkan