RINA SUGIARTI 🌹
RINA SUGIARTI 🌹

Belajar menulis dan membangkitkan rasa percaya diri

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Revolusi Industri 4.0 dalam Perjuangan Hidup

7 Desember 2018   16:54 Diperbarui: 7 Desember 2018   17:15 50 1 0
Revolusi Industri 4.0 dalam Perjuangan Hidup
dokpri

Revolusi Industri 4.0 dalam perdagangan.

Saat keluar dari mobil, kami menghirup udara segar dan langsung mengeluarkan HP untuk swa foto.  

Tiba-tiba pedagang gelang mengarahkan kami untuk berfoto dengan caranya.  Disini bu, nanti pakai panorama fotonya jadi semua sisi terambil, " ujar sang tukang gelang.

Diarahkan seperti itu kita semuanya melongo dan heran. Akhirnya kita ikuti caranya, karena saya lihat foto pertama lumayan bagus.

Ibu disini bu,  nanti foto ibu ada dua, jadi kembar! ," ujarnya lagi. Wow,  bisa ya??, " jawabku.  "Bisa bu,  nti saya foto menggunakan panorama, nah nti setelah selesai foto pertama, ibu berjalan ke belakang saya lalu pindah ke sebelahnya.  Oohh,  saya mengangguk mengikuti caranya.  Ternyata lrbih canggih tukang gelang ya?, "ujar temanku.

30 menit berlalu, kami diarahkan spot-spot yang sangat bagus untuk diambil.  Ada tempat siti nurhaliza,  seperti di Jepang, tembok cina,  foto kembar dan lain-lain.

Tukang gelang beralih fungsi menjadi tukang foto handal dan memesona.  Saat ditanya, jawabnya lebih mudah menjual kemampuan dirinya mengarahkan gaya drpd menjual barangnya.  Lumayan bisa dapat 250.000 sehari bila sedang ramai sebagai tukang foto ala zaman now.

Siapa yang nyangka hasil foto di bawah ini hasil jepretan bapak-bapak  tukang gelang??

Itulah pembelajaran di era industri abad 4.0