Mohon tunggu...
Rina R. Ridwan
Rina R. Ridwan Mohon Tunggu... Ibu yang suka menulis

Pembelajar Di Sekolah Kehidupan Novel: Langgas (Mecca, 2018) IG: rinaridwan_23

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Buku Lama Penuh Manfaat

2 Agustus 2019   07:54 Diperbarui: 2 Agustus 2019   07:59 0 1 1 Mohon Tunggu...

Alhamdulillah, selesai juga membaca 327 halaman buku yang membahas tentang wirausaha dan keuangan. Sesuatu yang tak biasa saya baca. Namun dengan keyakinan penuh saya memilihnya sebagai hadiah Give Away dari Klub Suka Buku, karena saya memang suka menantang diri sendiri untuk melakukan hal yang berbeda, termasuk dalam membaca.

Buku berjudul "Santaplah Makanan Anjing Anda Sendiri" yang ditulis oleh Fauzi Rachmanto dan terbit di tahun 2009 ini isinya masih relevan dengan saat ini. 

Tidak harus melulu diaplikasikan pada usaha nyata, namun untuk membentuk sebuah perkumpulan atau grup yang sekarang menjamur di media sosial, juga di WhatsApp dan Tele Channel, banyak tips di buku ini yang juga bisa digunakan.

Dalam daftar isi tertulis adalah 47 judul artikel, namun sebenarnya ada 50 artikel secara keseluruhan. Ada nomor ganda dalam buku ini. Setelah artikel nomor 29, kembali lagi ke nomor 28. Entah disengaja atau tidak, yang pasti, setelah 'kembali' tersebut nomor lain terus mengikuti. Bahkan nomor 47 ada dua.

Buku ini bukan hanya menulis sebuah kiat usaha, juga beragam masalah-masalah yang terkait, tentu saja dengan memberikan solusinya. Yang membedakan adalah adanya 'nasihat' yang diselipkan mulus, hingga tak terkesan dipaksakan sama sekali. Ada cerita di dalam cerita yang menggugah.

Jika menyimpulkan secara keseluruhan, segala kiat usaha di sini, juga bisa di aplikasikan dalam 'usaha-usaha' lain. Saya paling suka cerita tentang 'Kyai Tanpa Sarung', 'Always Keep Your Hands Up', 'Putar Kunci Sukses Anda', 'The Power of No' juga 'Bagaimana mengatasi Mental Blocking'.

Gaya menulis yang terkesan bagai menari dengan gemulai namun gerakannya begitu dalam dan terukur. Nikmat sekali membaca buku ini, hingga hanya sekali duduk saya sudah bisa menyelesaikannya. Termasuk membuat catatan-catatan yang saya anggap penting.

Sangat cocok dibaca buat yang ingin memulai berwirausaha, dan yang ingin tahu bagaimana suka duka sebuah 'perjuangan' berwirausaha.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x