Mohon tunggu...
Rinabi Tanamal
Rinabi Tanamal Mohon Tunggu... Sharing Ideas and experiences through writing...

Dosen Senior di Universitas Ciputra di Fakultas Teknik Informatika dan Fakultas Entrepreneurship

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Kerja di Perusahaan Multinational, Worth It Nggak Sih?

22 April 2021   10:22 Diperbarui: 22 April 2021   10:38 176 2 0 Mohon Tunggu...

Halo sobat! Siapa nih diantara kalian yang merupakan seorang fresh graduate? atau kalian penasaran tentang bekerja di perusahaan multinasional? Kali ini kita akan membahas tentang Mutinational Company atau Perusahaan Multinasional. Bekerja diperusahaan besar memang menjadi impian sejumlah besar orang. Berbagai benefit yang akan didapat bila bekerja di perusahaan yang besar apalagi mendunia, menjadi idaman banyak mahasiswa pra-lulusan ataupun fresh graduate.

Mencari pekerjaan bagi sebagian orang seperti mencari pasangan hidup, karena bekerja ditempat yang kita senangi dan sukai akan menjadikan kita nyaman ketika bekerja. Kemudian, untuk yang baru pertama kali mendengar, Multinational Company adalah sebuah perusahaan yang berkembang pesat di berbagai negara dengan cabang dan anak perusahaan hingga diseluruh dunia. Biasanya memiliki kantor yang berpusat di kota yang maju. Perusahaan Multinasional juga bersifat Internasional karena perusahaan ini lintas negara, bukan hanya produk dan jasanya namun juga kantor serta cabangnya tersebar diberbagai negara.

Saat ini, Perusahaan Multinasional di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Baik dari perusahaan dunia maupun perusahaan dalam negeri. Sebagai tambahan, pada tahun 2020, Indonesia telah dikeluarkan dari status negara berkembang oleh Amerika Serikat melalui Office of The US Trade Representative di World Trading Organization (WTO). Sehingga sekarang Indonesia memiliki status sebagai negara maju.

Contoh Perusahaan Multinasional dunia ialah

  • Toyota
  • Unilever
  • Google
  • Twitter
  • Shell

Contoh Perusahaan Multinasional dalam negeri ialah

  • Garuda Indonesia
  • Martha Tilaar Group
  • Biofarma
  • Telkom Indonesia
  • Polygon

Jenis-jenis Multinational Company dibedakan menjadi 4 macam yaitu,

  • Multinational Producting Enterprise (MPE) yang berfokus pada bidang Produksi,
  • Multinational Trade Enterprise (MTE) yang berfokus pada bidang Perdagangan,
  • Multinational Internationally Owned Enterprise (MOE) yang mengarah pada kepemilikan usaha dari perusahaan pusat yang sedang melakukan kegiatan perusahaan seperti produksi atau perdangan di negara lain,
  • Multinational (Finance) Controlled Enterprise (MCE) lebih berfokus kepada bidang modal dan pembiayaan.

Karena Multinational Company taraf kerja nya Internasional jadi budaya kerja yang dimiliki mengikuti budaya Barat bukan budaya Timur. Budaya yang diterapkan pada setiap perusahaan juga merupakan budaya yang sudah terbentuk sejak awal didirikan. Dimana yang kita ketahui jika budaya Barat selalu membangun Critical Thinking dan menghargai ide serta pendapat yang dikeluarkan oleh seseorang.

Dalam budaya Barat juga siap untuk menyatakan argumentasi, tidak sungkanan. Didalam dunia Perusahaan Multinasional biasanya tidak ada yang namanya hierarki dalam tingkatan umur, gelar dalam akademis, jabatan. Semuanya dipandang setara. Walaupun bekerja secara fleksibel, namun ketepatan waktu dan disiplin dipandang penting ketika bekerja di Perusahaan Multinasional karena dari ketepatan waktu dan disiplin dapat terlihat ke profesionalan dalam bekerja dan dianggap menghargai orang lain. Sehingga tidak ada istilah "jam karet" bila bekerja di Perusahaan Multinational. Dalam Multinational Company selalu mengutamakan integritas dan tanggung jawab dari setiap individu. Jadi selalu ada yang namanya reward atau penghargaan yang diberikan kepada pegawai dengan kinerja yang apik dan punishment atau hukuman kepada orang yang tidak menjalani sesuai peraturan yang diterapkan oleh perusahaan.

Bila melakukan suatu pekerjaan pasti ada berbagai keuntungan yang akan kita dapat. Hal itu juga pasti ada bila memilih bekerja di Perusahaan Multinasional. Keuntungan yang didapat diantaranya adalah

  • Salary and Benefit

Gaji yang akan didapat di Perusahaan Multinasional biasanya cenderung memiliki nilai yang tinggi dibandingkan dengan perusahaan lokal. Beberapa Multinational Company juga memberikan benefit personal death insurance kepada pegawainya. Dengan tingginya gaji yang diterima, harus menjadi pacuan agar semakin bersemangat dan bertanggung jawab dengan tugas yang di emban.

  • Career Advancement

Bekerja di Multinational Company karirnya akan selalu jelas. Karir akan selalu berkembang, tentunya dengan kemampuan dan tekad yang kuat. Career Advancement bisa dengan kenaikan tingkat karir atau bisa dipromosikan ke luar negeri.

  • Workplace Culture

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN