Mohon tunggu...
Rina Sariyanti
Rina Sariyanti Mohon Tunggu... Rinatsa

Suka menulis dan perjalanan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

2 Tahun dan Seumur Hidup

15 November 2019   15:20 Diperbarui: 15 November 2019   15:19 0 0 0 Mohon Tunggu...
2 Tahun dan Seumur Hidup
Sumber: shutterstock/photosebia

Pernah dengar ungkapan " Manusia butuh waktu 2 tahun untuk belajar bicara, tapi butuh waktu seumur hidup untuk belajar diam ".  Sudah banyak kasus yang berujung penjara atau bahkan kematian hanya karena kata - kata. kata yang keluar saat kita sedang emosi bisa jadi lebih tajam dari pada sebuah pedang.

aku pribadi sebagai manusia apalagi wanita merasa kadang bicara berlebihan tanpa pikir panjang, yang tidak seharusnya dikatakan, dikatakan alhasil menyakiti orang lain. Dan menyesal telah mengatakan hal yang tidak seharusnya dikatakan. Niat awalnya basa basi atau sekedar melempar guyon tapi penerimaan oleh teman kadang lain.

pernah suatu ketika tinggal di perumahan A, awalnya antar ibu ibu gang blok D akrab, ngadain arisan tiap bulan, sesekali liwetan untuk menambah keakraban. aku pikir pertemanan sekarang ya sama dengan aku yang dulu, memang suka ceplas ceplos kadang becanda tapi malah jadi sumber masalah.

satu dua orang mulai beda sikapnya denganku, dalam hati nih orang kenapa tumben banget beda sikapnya. setelah aku telusuri ternyata satu diantara dua orang itu sakit hati dengan perkataanku yang aku pikir itu becanda.

Kemudian, nomor Whatsapp diblok, semua social media diblok. aku tidak diberikan akses sama sekali untuk sekedar meminta maaf. walaupun kita tetanggaan tapi dia selalu menutup pintu gerbang rapat - rapat.

semenjak kejadian itu, aku jadi sering merenung, ternyata perkataan sedikit yang aku ucapkan sebegitu besar pengaruhnya bagi orang lain yang merasa tersakiti. sampai sekarang aku masih terus belajar untuk menahan diri dari pembicaraan yang tidak seharusnya dibicarakan. walaupun susah, tapi untuk kebaikan selalu aku coba.

Salam,

Rina

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x