Mohon tunggu...
Rina Sariyanti
Rina Sariyanti Mohon Tunggu... Rinatsa

Masih belajar menulis, mempersiapkan diri untuk menjadi blogger setelah resign nanti...

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Ati Ampela Cabe Ijo

22 Oktober 2019   11:16 Diperbarui: 22 Oktober 2019   11:33 0 0 0 Mohon Tunggu...
Ati Ampela Cabe Ijo
Dokpri.

salah satu menu masakan favorit keluarga kecilku adalah ati ampela cabe ijo + petai. aku bukan mau berbagi resep cara memasaknya, aku hanya mau berbagi pengalamanku memasak ati ampela cabe ijo.

Aku dapet resepnya dari mamaku, tahu bahan bahan dan bumbunya. cuma ya sekedar tahu jarang eksekusi langsung. Hehehehe.

Begitu menikah, pengin coba coba masakin buat suami, pertama kali masak oke hasilnya enak dan suami jadi ketagihan minta dimasakin lagi.
Kedua kali masak, jeng jeng jeng!! ( sedikit konyol tapi ambil pelajaran aja ya? haha )
Aku kurang teliti, pas beli pertama itu ati ampela nya udah dibersihkan sama tukangnya, pas beli kedua asumsiku juga udah dibersihkan. Nyampe rumah semangat mau masak, ati dibersihin, bumbu" disiapin. Waktu itu itu beli banyak karena ada ponakan dirumah.
Kan itu ati dibumbuin dulu ( ketumbar, bawang putih, jahe, kunyit, garam secukupnya dihaluskan ), digoreng. selesai digoreng, baru ditumis pake cabe ijo, bawang merah, bawang putih, kasih sedikit kecap garam gula sesuai selera.

Nah pas lagi goreng tuh suami ngecek, biasa suamiku emang orangnya teliti banget tukang ngecek kalo istrinya lagi masak, saking telitinya aku suka males dengerin dan berujung dia aja yang suruh masak.

Tapi kali ini telitinya dia bener-bener faedah banget. Dia mencium bau tak biasa, koq ati ampela gede sih ga kaya biasanya? Itu ati ayam atau ati wedus ( kambing )? Awalnya sambil becanda.. makin kesini dia makin nanya - nanya tadi kamu bersihin kan? Kamu cek ga? Itu ati udah dibelah belum? Aku dengan polosnya jawab " enggak ngeh, aku belinya di tukang ayam kemarin. Itu ati udah selesai goreng semua, suamiku sini aku aja yang lanjutin masak. 

Dan eng ing eng, setelah di cek suamiku, itu ati ampela belum di belah masih ada ee ayam...  Jadi dari tadi itu aku goreng ee ayam.

Aku sedih banget dong beli ati ampela banyak, udah seneng mau makan, masakan favorit, malah jadi tragedi ee ayam digoreng hahhaha. 

Demikian cerita konyol nan lucu ini, hikmahnya adalah jangan terlalu percaya tukang ayam dipasar ( haha tukang ayam disalahin ), kedua cek lagi sebelum masak, ketiga ya teliti hehe. jadi perempuan tidak cukup hanya mengandalkan fisik yang cantik, atau otak yang pintar tapi juga harus multitasking, tahu segalanya.

Sampai sekarang, rumah tangga jalan 3 tahun selalu jadi bahan cerita lucu apalagi kalau lagi ada berantem pasti suami bilang, istriku yang pintar, saking pintarnya ee ayam ajah dimasak. hahaha gajadi deh berantem hahaha

KONTEN MENARIK LAINNYA
x