Mohon tunggu...
Rina Adityana
Rina Adityana Mohon Tunggu... Guru - Pendidik/Guru Sejarah SMA/ Wakil Kurikulum/ Kepala Sekolah/ Staf Devisi Pendidikan

Pendidikan menjadi sangat penting bagi perkembangan suatu bangsa. Sebagai pendidik bertanggungjawab atas transfer pengetahuan dan proses pemahaman akan kehidupan. Setiap hari menjadi peristiwa penting dalam kehidupan mejadi goresan sejarah. traveling dan eksplore tempat-tempat baru terutama tempat bersejarah menjadi hal yang sangat menyenangkan guna mendokumentasikan setiap moment setiap saatnya. Meniti karir dari guru Sejarah di SMA, menjadi pendamping ektrakurikuler paduan suara dan teater, pendamping lomba karya tulis ilmiah maupun essay, menjadi guru tata tertib, guru piket, wali kelas, pembina OSIS, wakil kurikulum, hingga menjadi kepala sekolah.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

ANBK Menggunakan Mode Full Online atau Semi-Online Akankah Mempengaruhi Hasil Rapor Sekolah?

22 September 2022   12:24 Diperbarui: 23 September 2022   10:19 260 10 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sekolah-sekolah Tarakanita terbiasa melakukan penilaian based computer (Dok. Rina Adityana)

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tentulah bukan kegiatan yang secara sembarangan dilakukan, bisa dibilang ini menjadi hajat besar dinas pendidikan dari tingkat dasar hingga atas. 

Tahun 2022 adalah tahun ke 2 pelaksanaan ANBK, di mana harapannya sudah jauh lebih siap, baik dari dinas setempat maupun setiap satuan pendidikan. Kesiapan baik dalam peserta, personil proktor dan teknisi, teknis pelaksanaan, sarana, dan bahkan sistem.

Ruangan yang digunakan ANBK SMA Tarakanita Magelang (Dok. Rina Adityana)
Ruangan yang digunakan ANBK SMA Tarakanita Magelang (Dok. Rina Adityana)

Pelaksanaan ANBK di jenjang SMA/SMK yang sudah terlaksana pada 29 Agustus hingga 1 September 2022 terpantau berjalan lancar baik Sekolah Tarakanita di Jawa Tengah maupun di Jakarta. 

Pelaksanaan ANBK SMA/SMK Tarakanita memilih mode semi online untuk pelaksanaannya sehingga relatif tidak terdapat kendala dalam sistem opersionalnya maupun saat siswa mengerjakan. 

Sarana yang dipakai pastilah sudah disiapkan sedemikian rupa sehingga maksimal untuk di gunakan dalam pelaksanaan ANBK. Proktor dan teknisi juga sudah biasa mendampingi pelaksanaan ujian nasional ataupun asesmen nasional pada tahun 2021.

Siswa-siswi SMK Pius X Magelang siap mengikuti ANBK (Dok. Rina Adityana)
Siswa-siswi SMK Pius X Magelang siap mengikuti ANBK (Dok. Rina Adityana)

Sementara itu untuk jenjang SMP pelaksanaan ANBK tidak selancar proses di SMA. Ketika sekolah diberikan kesempatan untuk memilih apakah menggunakan mode full online atau memilih mode semi-online, ternyata sekolah terbentur dengan kebijakan dinas setempat yang menghendaki pelaksanaan ANBK di jenjang SMP dilakukan secara online

Dampak dari kebijakan tersebut menjadi sangat tidak nyaman sekali, terlebih karena adanya kendala dalam pelaksanaan di mana server pusat atau sistem dari pusat yang tidak mendukung. Seperti yang terjadi di SMP Tarakanita Pendowo Ngablak Magelang, dimana sekolah ini diminta mengikuti pada gelombang 1 dengan sistem online full. 

Selama 2 hari pelaksanaan ada setidaknya 7 siswa dari 25 siswa yang ikut ANBK harus terkendala sistem. Selama proses mengerjakan ternyata sistem selalu ter-log out atau tidak dapat melanjutkan proses, bahkan di hari ke 2 di mana siswa yang harusnya sudah bisa menyelesaikan ANBK di pukul 09.45 WIB tapi ternyata hingga pukul 11.00 WIB baru bisa selesai semua siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan