Mohon tunggu...
Rima Handayani
Rima Handayani Mohon Tunggu... Dosen - Pengajar dan Penulis yang masih terus belajar

Be your self

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kenali 8 Cara Efektif Orang Tua Membimbing Anak Sekolah Dasar dalam Belajar Daring

1 Agustus 2021   10:06 Diperbarui: 1 Agustus 2021   10:32 95 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali 8 Cara Efektif Orang Tua Membimbing Anak Sekolah Dasar dalam Belajar Daring
ilustrasi: https://muslimah.or.id/1887-mendidik-anak-di-rumah.html

Kondisi saat ini memang masih belum memungkinkan untuk dilaksanakannya pembelajaran secara luring. Sudah setahun lebih pelajar dan mahasiswa bergelut dalam pembelajaran daring. Dimana mereka dituntut untuk belajar lebih mandiri, tanpa guru di depan kelas dan tanpa teman yang dapat diajak berdiskusi. Suatu kondisi yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya. 

Mau tidak mau semua orang harus dapat memahami dan menjalankan kondisi yang ada saat ini. Pembelajaran daring khususnya bagi anak sekolah dasar tentunya melibatkan peran besar orang tua di rumah dalam membimbing anak belajar daring. J

ika peran orang tua berlebihan dalam membantu anak belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah tentunya hal ini ber efek kurang baik bagi anak dalam memahami materi pembelajaran dan mendidik anak menjadi tidak mandiri.

 Hal ini dikhawatirkan ketika anak memasuki pembelajaran normal di dalam kelas, dan guru melakukan review materi, siswa  menjadi lebih banyak diam karena memang tidak mengerti sama sekali materi yang disampaikan. 

Untuk itu peran orang tua baiknya hanya sebagai pembimbing saja, bukan sebagai joki dalam mengerjakan tugas-tugas anak. Bagaimana mengenali cara yang efektif orang tua membimbing anak sekolah dasar dalam belajar daring ?

1. Biasakan anak untuk membaca terlebih dahulu materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran daring, hal ini dapat dilakukan 1 (satu) hari sebelum pembelajaran, atau beberapa jam sebelum guru menayangkan materi pembelajaran.

2. Melakukan review materi yang telah dibaca anak, dengan memberikan beberapa pertanyaan atau  latihan terkait ulasan materi. Hal ini dapat membantu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak terhadap materi yang telah dibacanya tadi.

3. Biasakan anak mengingat jadwal pelajaran pembelajaran daring, sehingga mereka dapat mengatur waktu dengan baik dalam pembelajaran.

4. Sebelum memasuki jadwal pembelajaran daring, pastikan anak benar-benar harus sudah siap, tentunya sudah mandi, berpakaian rapi dan sarapan. Sehingga anak dapat lebih focus dalam menerima pembelajaran.

5. Ketika pembelajaran daring berlangsung, biarkan anak berkonsentrasi atas materi yang disampaikan guru. Menyimak dengan baik materi dan tugas yang akan dilaksanakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x