Mohon tunggu...
Rikky Fatur
Rikky Fatur Mohon Tunggu... Lainnya - Aqua Hobbyist

Penggemar olahraga, fotografi, aquascape dan ikan hias

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Jangan Salah Pilih Pompa Aquarium, Perhatikan Ini Biar Gak Salah Pilih

10 November 2021   16:26 Diperbarui: 10 November 2021   18:14 242 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pompa Aquarium/Dokpri

Penggemar aquarium dan ikan hias tentunya gak asing lagi dengan pompa aquarium atau biasa disebut power heads. Merawat ikan dalam aquarium berarti harus merawat airnya juga. 

Pompa aquarium merupakan alat penyedot air dalam aquarium yang berfungsi untuk membuat sirkulasi air dalam aquarium agar air tidak jenuh. 

Pompa aquarium juga berfungsi mengalirkan air kotor dalam aquarium ke filter air untuk disaring menjadi air bersih yang masuk kembali ke dalam aquarium. 

Ada berbagai macam filter air aquarium diantaranya filter atas/talang, canister filter, undergravel filter, biofoam, dan lain sebagainya.

Pemilihan pompa aquarium yang tepat akan menjaga sirkulasi air dalam aquarium kondusif. Pemilihan pompa aquarium yang tidak tepat akan membuat sirkulasi air kurang baik. 

Kapasitas pompa yang terlalu besar akan membuat ikan stres dan kotoran ikan berhamburan dalam aquarium, sedangkan kapasitas pompa yang terlalu kecil tidak akan maksimal menyerap kotoran. 

Kapasitas pompa aquarium merupakan besarnya kemampuan pompa aquarium dalam mengalirkan air yang dinyatakan dalam liter per jam.

Maka itu sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini dalam memilih pompa aquarium yang tepat.


1. Hitung volume air dalam aquarium

Pompa aquarium yang akan dipakai harus disesuaikan dengan volume air aquarium. Langkah pertama adalah hitung volume air dalam aquarium dengan memakai rumus berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan