Mohon tunggu...
Rijo Tobing
Rijo Tobing Mohon Tunggu... Novelis

Penulis buku kumpulan cerpen "Randomness Inside My Head" (2016) dan novel "Bond" (2018) dalam bahasa Inggris. Buku dapat diperoleh di Gramedia, Periplus, dan Kinokuniya. rijotobing.wordpress.com.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Review di Ujung Jalan: Drakor "Crash Landing on You"

21 Februari 2020   00:38 Diperbarui: 21 Februari 2020   00:39 1193 3 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Review di Ujung Jalan: Drakor "Crash Landing on You"
Sumber gambar: akun IG tvN

Episode final drama Korea 'Crash Landing on You' mencapai rating tertinggi di sepanjang sejarah tv kabel tvN yaitu sebesar 21.68%. Angka ini mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh drama 'Goblin' (2016) sebesar 20.5%.

Sepanjang sejarah saya menonton drakor (sejak 2016), belum pernah saya melihat drama yang ratingnya begitu diributkan seperti CLoY.

Rating setiap episode dipantau terus oleh netizen. Waktu ratingnya naik, sejagat maya yang bucinnya (bucin = budak cinta, red.) CLoY bersorak gembira. Waktu ratingnya turun, netizen menyalahkan jalan cerita yang lambat, klise yang mirip dengan drakor lain, dan akhir episode yang mulai bisa ditebak. Sungguh, maha benar netizen dengan segala keberisikannya.

Sebenarnya apa sih yang membuat drakor ini begitu populer? Ada dua poin yang ingin saya jabarkan di sini:

1. Propaganda

Drakor CLoY ini propagandanya dari jauh-jauh hari dan konsisten sampai penghabisan. Pertama, tvN memasangkan aktor papan atas Hyun Bin dan Son Ye Jin yang sudah berkali-kali tertangkap kamera paparazzi ketika mereka sedang bersama, dan sudah berkali-kali diterpa gosip pacaran sejak mereka membintangi film 'Negotiation' (2017). Rumor itu tentu saja disangkal oleh kedua belah pihak, walau kita tahu tiada asap kalau tiada api.

Kedua, premis ceritanya pun menjanjikan. Alkisah seorang wanita pengusaha kaya dari Seoul terlibat dalam kecelakaan paragliding yang membuatnya mendarat darurat di Korea Utara. Ia kemudian disembunyikan oleh seorang tentara yang kemudian jatuh cinta padanya. Bagaimanakah akhir perjalanan cinta mereka mengingat situasi geopolitik antara Korea Utara dan Korea Selatan yang cukup pelik?

Setiap episode membangun ketegangan-ketegangan dengan sangat baik. Tidak hanya akting pemeran utama yang selalu ditunggu-tunggu fansnya. Para pemeran pendukung yang pas dan setting cerita yang tak biasa di Korea Utara memang membuat drama ini menarik.

Teknik propaganda yang digunakan akan saya bahas dalam poin ke-2 nanti. Pertanyaan yang lebih penting sekarang adalah: mengapa rating itu penting?

Menurut pengamatan dan pemahaman saya, rating penting karena itu menjadi tolak-ukur sebuah drama laku dalam hal:

1. menjual aktor pemeran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x