Mohon tunggu...
rigita febriana marlisanty
rigita febriana marlisanty Mohon Tunggu... Mahasiswi UNS Pendidikan Grografi 2017

Nama Lengkap : Rigita Febriana Marlisanty TTL : Blora, 25 Februari 1998

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19

8 Agustus 2020   22:35 Diperbarui: 8 Agustus 2020   22:36 4 0 0 Mohon Tunggu...

Hidup Berdampingan dengan Covid-19 melalui Pendidikan Berbasis Daring 

(Blora, 30 Juni 2020). Dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), maka dilaksanakan program kerja KKN UNS TANGGAP WABAH COVID-19 yang berlokasi di Rt 02/Rw 02, Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. 

Adapun tema besar yang dipilih pada KKN UNS TANGGAP WABAH COVID-19 ini yaitu Pendidikan. Dimana diimplementasikan dalam enam program kerja yaitu seminar online, mari belajar, bersama kita mencegah, benar atau salah, konsultan belajar online (KBO), dan khazanah pembelajaran. 

Pemilihan tema tersebut didasarkan atas pertimbangan situasi dan kondisi warga yang ada di lokasi KKN yang saat ini dihadapakan pada bekerja dari rumah sekaligus pembelajaran sekolah dari rumah. 

Hal tersebut menuntut adanya pendampingan orang tua terhadap anak-anak, sehingga perlu adanya penyampaian yang masif agar para orang tua dapat mendampingi belajar anak-anak mereka dengan optimal sekaligus membantu pencegahan penularan Covid-19.  

Alhamdulillah semua program kerja tersebut dapat terlaksanakan dengan baik dan lancar, ujar Rigita Febriana Marlisanty (NIM K5417064) selaku pelaksana program KKN di bawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Bapak Prof. Dr. Reviono, dr. SpP (K).

Program kerja KKN dilaksanakan selama 35 hari  dimulai dari tanggal 15 Mei 2020  30 Juni 2020. Program kerja yang pertama yaitu Seminar Online, yang dilakukan dengan memberikan informasi dan edukasi kepada warga RT 02 seputar Covid-19 dan melakukan diskusi secara online dengan warga sekitar melalui whatsapp group.

 Program kerja kedua yaitu Mari Belajar, yang dilakukan dengan membagikan informasi berupa poster atau materi mengenai Covid-19 melalui media facebook. Program kerja ketiga yaitu Bersama Kita Mencegah, yang dilakukan dengan cara membagikan informasi berupa poster dan sebagainya yang berisi ajakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 sesuai anjuran WHO dan Pemerintah RI di group WhatsApp dan Instagram. 

Program kerja keempat yaitu Benar Atau Salah, yang dilakukan dengan cara membagikan informasi benar atau salah (hoax) terkait Covid-19 di media pandemi Facebook. Program kerja kelima yaitu Konsultan Belajar Online (KBO), yang ditujukan kepada anak-anak usia sekolah yang melakukan pembelajaran daring. 

Program kerja yang terakhir yaitu khazanah pembelajaran, yang dilakukan dengan cara mengemas bahan ajar ke dalam berbagai media pembelajaran sehingga mempermudah peserta didik dalam kegiatan belajar (frekuensi menyesuaikan). Hasil dari program KKN ini cukup efektif untuk membantu para orang tua dalam melakukan pendampingan belajar kepada anak-anaknya serta memberikan pemahaman kepada warga sekitar terkait Covid-19.

VIDEO PILIHAN