Mohon tunggu...
Rifqi Jauhari
Rifqi Jauhari Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hallo!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Membuat Video Edukasi sebagai Sarana Sosialisasi New Normal

6 Juli 2020   00:47 Diperbarui: 6 Juli 2020   00:39 39 1 0 Mohon Tunggu...


Era new normal yang digadang-gadang sebagai sarana berdamai dengan si virus corona telah dicanangkan dengan tujuan segera memulihkan ekonomi dan kehidupan masyarakat yang tengah terpuruk. Namun, apakah masyarakat sudah sepenuhnya memahami apa itu new normal dan bagaimana cara kerjanya?  

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Edisi Covid-19 mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dilakukan sejak tanggal 29 Mei hingga 7 Juli 2020. Kelompok mahasiswa KKN di Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang mengusung proker sosialisasi kepada warga seputar new normal melalui video edukasi. Sosialiasi new normal perlu dilakukan agar masyarakat Desa Ngadirejo segera terbiasa dengan tatanan kehidupan baru di tengah pandemi. Akan tetapi, karena anggota KKN tidak diperbolehkan menetap serta sulitnya sinyal di Desa Ngadirejo, sosialisasi secara langsung maupun online tidak dapat dilaksanakan. Mahasiswa KKN edisi Covid-19 Desa Ngadirejo kemudian membuat video edukasi sebagai solusi pelaksanaan sosialisasi yang terhalang jarak dan jaringan. 

Video pendek karya mahasiswa KKN Desa Ngadirejo ini berisikan informasi seputar new normal. Mulai dari penjelasan new normal hingga berbagai protokol dalam beraktivitas dengan tetap mematuhi anjuran kesehatan. Diharapkan dengan adanya video edukasi ini warga Desa Ngadirejo dapat memahami apa itu new normal dan dapat menerapkan kebiasaan sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan. Dengan begitu masyarakat berperan besar dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Video edukasi new normal ini mendapat sambutan yang baik. "Videonya bagus, gambar dan visual yang ditampilkan meninggalkan semakin banyak kesan sehingga informasi yang disampaikan semakin menancap di memori." Ujar Bapak Budi Santoso, Kaur Perencanaan Desa Ngadirejo. Beliau juga menambahkan, sosialisasi melalui video edukasi ini merupakan inovasi yang sangat pas dan sesuai dengan jaman milenial seperti saat ini yang tidak dibatasi oleh ruang, waktu, ilkim, serta cuaca. Video ini juga lebih mudah diterima serta diakses oleh warga.

VIDEO PILIHAN