Mohon tunggu...
Rifqi Muhammad Idris
Rifqi Muhammad Idris Mohon Tunggu... mahasiswa

kita bisa sukses ketika kita bisa yakin dengan apa yang kita lakukan pasti membuahkan kesuksesan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Meningkatkan Pelestarian Kebudayaan Bangsa Indonesia

26 Desember 2019   20:35 Diperbarui: 26 Desember 2019   20:40 137 0 0 Mohon Tunggu...

Menurut TAP MPR No.II tahun 1998 kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap kehidupan bangsa. 

Kebudayaan Indonesia sangatlah beragam. Mulai dari rumah adat, pakaian adat, upacara adat, seni musik, seni tari, seni rupa, senjata tradisional, suku bangsa dan bahasa daerah. Tentu saja, kebudayaan Indonesia sangatlah kaya. Kebudayaan Indonesia semakin lama semakin terkikis keberadaannya.

Para pemuda harapan bangsa harus berupaya melestarikan dan menjaga kebudayaan khas negara kita dengan mempelajari berbagai kebudayaan dimanapun berada sehingga tidak terasa asing bagi kita sendiri.

Bukanlah suatu kesalahan ketika kamu ingin mempelajari kebudayaan luar tetapi jangan pernah lupakan kebudayaan sendiri. Malahan, jadikanlah kesempatan itu untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke mancanegara. Pemerintah juga perlu memberikan ruang serta sarana prasarana untuk masyarakat agar dapat terus melestarikan kebudayaan Indonesia.

Kita sebagai warga indonesia harus mendukung pelestarian terhadap kebudayaan-kebudayaan bangsa kita sehingga salah satu warga tidak memandang sebelah mata terhadap apa yang dimiliki oleh negara kita dengan membanding bandingkan dengan negara yang lain.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x