Mohon tunggu...
Muhammad RifqiFadhali
Muhammad RifqiFadhali Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

salam kenal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengaruh Teknologi di Zaman Sekarang

1 Agustus 2021   08:44 Diperbarui: 1 Agustus 2021   08:50 73 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Teknologi di Zaman Sekarang
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pesatnya kemajuan teknologi di zaman sekarang membuat pengaruh yang sangat besar terhadap manusi. Kemajuan teknologi dapat memudahkan manusia untuk bekerja maupun berkomunikasi dengan teman maupun keluarga. Membaca berita, mencari berbagai macam informasi penting dan berbagi informasi secara real time. Karena pesatnya kemajuan teknologi membuat dua dampak berbeda terhadap manusia. Dua dampak tersebut bisa menjadi positif maupun negatif. Sisi positif dari kemajuan nya teknologi tergantung kepada seseorang bagaimana ia memanfaatkan teknologi secara benar.

Dari sisi negatif perkembangan teknologi itu sendiri diantaranya adalah dapat di manfaatkan untuk hal -- hal yang tidak bertanggung jawab dan adanya nilai moral, terutama di kalangan remaja, seperti menonton vidio porno, perjudian online, menonton vidio kekerasan, dan itu bisa membuat anak menjadi kurangnya bersosialisasi dengan orang di sekitarnya, namun hal ini tentunya kembali lagi kepada seseorang bagaimana memanfaatkan nya. Apakah kemajuan teknologi ini di gunakan dengan hal -- hal yang baik atau untuk tujuan yang tidak baik.

Era digital ini memang memberikan dampak yang sangat signifikan sekali terhadap manusia. Dengan adanya jaringan internet manusia dapat menemukan berbagai macam bahan bacaan penting yang sangat membangun pikiran manusia. Internet memudahkan manusia untuk berinteraksi secara lebih mudah dan efisien.

Dengan adanya jaringan internet berita dapat di sebarkan dengan sangat mudah sehingga manusia tidak terlalu berpengaruh kepada media cetak seperti koran atau majalah berita, dan ini adalah salah satu keuntungan pada kemajuan teknologi yang sangat pesat. Dan salah satu cara agar dapat mencegah dampak negatif dari kemajuan teknologi sebagai upaya meminimalisir terjadinya hal -- hal yang tidak di inginkan, maka manusia terutama kaum remaja membutuhkan sebuah wawasan yang mendidik serta mengadakan sebuah program sosialisasi dengan kondisi manusia sebagaimana harus nya mereka memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik.

Keberadaan internet juga memberi dampak positif bagi seluruh masyarakat pengguna internet termasuk remaja pada umumnya khusus nya di masa sekolah yang di tengah -- tengah marak nya pandemi covid - 19, karena pembelajaran di sekolah di tutup para pelajar pun memanfaatkan internet untuk belajar ataupun pembelajaran online atau daring. Banyak pembelajaran online menjadikan lebih efektif dengan menggunakan aplikasi seperti: zoom meeting, Google meeting, Google Classroom dan aplikasi semacamnya.

Belakangan ini kita seringkali mendengar kata social media atau sosmed. Social media adalah salah satu perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Adanya partisipasi, keterbukaan, percakapan, dan komunitas itu adalah beberapa karakter dari social media.

Media social di bagi menjadi 6 kelompok, antara lain:

  • Jaringan sosial, membuka kesempatan bagi seseorang untuk membuat akun sosmed sendiri untuk terhubung dengan orang lain untuk membagi content atau berita seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan Twitter.
  • Blog, adalah jurnal online yang di gunakan setiap orang untuk berbagi seperti tulisan, video dan lain -- lain.
  • Website ini membuka kesempatan bagi setiap orang untuk menambah konten atau untuk menambah informasi yang terdapat di dalamnya seperti wikipedia.
  • Forum, adalah layanan yang terbuka untuk berdiskusi secara online, contohnya kaskus.com
  • Content communities seperti YouTube dan lain semacamnya

Dampak Positif Pada Media Sosial:

  • Dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi kepada orang lain komunikasi pun dapat lebih mudah mengalir, karena saat kita berkomunikasi secara bertemu langsung bisa jadi kita gugup ataupun malu yang membuat ber komunikasi menjadi kurang lancar.
  • Seseorang akan termotivasi untuk belajar atau mengembangkan diri melalui orang -- orang yang ia temui di media sosial, karena mereka mampu berkomunikasi atau berkomentar satu sama lain.
  • Mempermudah para pelajar untuk mengkonsultasikan pelajaran atau tugas - tugas yang belum mereka paham kepada guru.
  • Mempercepat seseorang untuk berkomunikasi kepada teman nya karena tidak lagi menunggu lama untuk menerima surat karena sudah adanya media sosial.

Dampak Negatif Pada Media Sosial:

  • Jika terlalu banyak berinteraksi pada dunia maya membuat seseorang tidak tahu seluk beluk, identitas, dan nada suara dari seseorang.
  • Dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri karena terlalu banyak bermain dengan dunia maya.
  • Menurunkan kemampuan sosial
  • Memberi efek kecanduan Β yang menjadikan seseorang males melakukan kegiatan lain.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN