Mohon tunggu...
rifqi andifirmansyah
rifqi andifirmansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNDIP

Welcome to my blog :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Teranyata Membuat Handasinitzer Itu Mudah dan Murah!

23 Januari 2022   19:17 Diperbarui: 23 Januari 2022   19:20 107 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang (23/01/2022) - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) kembali dilaksanakan di daerah domisili masing-masing mahasiswa dikarenakan kondisi pandemic COVID-19 yang berlangsung hingga saat ini. KKN Undip kali ini mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi COVID-19 Berbasis SDGs" Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata". KKN dilaksanakan secara individu oleh mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan dan dilaksanakan secara tatap muka mengingat pandemi COVID-19 yang sudah menurun.

Mahasiswa Undip diwajibkan untuk membuat program yang berhubungan mengenai tindakan pencegahan COVID-19 dan program Sustainable Development Goals. Dalam pelaksanaannya mahasiswa harus tetap mengedepankan protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker, menjaga kebersihan tangan, serta tidak membuat kerumunan masyarakat.

Setelah diadakannya survei lapangan yang dilakukan sebelum pelaksanaan KKN berlangsung, maka kegiatan KKN akan dilakukan di permukiman warga RW 08 Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang. Mengingat masih adanya virus  COVID-19, maka penting sekali bagi masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri tentunya agar dapat mencegah penyebaran Virus COVID-19. Oleh karena itu, penulis hendak membuat home made handsanitizer guna mempermudah warga RW 08 Kelurahan Sendangmulyo untuk dapat menyediakan handsanitizer yang cukup dan murah sehingga tidak terlalu mengganggu perekonomian warga RW 08 memngingat masih cukup tingginya harga handsanitizer yang berukuran kecil sekalipun. Dengan adanya edukasi pembuatam home made handsanitizer ini diharapkan mampu mengurangi penyebaran virus melalui sentuhan tangan serta menyadarkan masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan diri.

 

dokpri
dokpri
Kegiatan penyerahan handsanitizer telah dilaksanakan pada hari Sabtu (22/01/2022) oleh KKN Tim I Universitas Diponegoro Periode 2021/2022 yang diwakili oleh Ketua RT 05  RW 08 Kelurahan Sendangmulyo. Home made Handsanitizer juga disertai dengan  panduan pembuatan handsanitizer tersebut.

"Inovasi yang bagus dari Adik-Adik Mahasiswa yang telah memberikan ide untuk membuat Home Made Handsanitizer sehingga warga dapat membuat handsanitizer sendiri dan tidak perlu membeli handsanitizer yang cukup mahal di toko-toko. Terima kasih untuk ide kreatifnya." ujar Ibu Yuli selaku Ketua RT 05 RW 08 Kelurahan Sendangmulyo.

Penulis                         : Rifqi Andi Firmansyah (S1 Teknik Kimia -- FT Undip)

Dosen Pembimbing    : Novia Sari Ristianti, ST. MT

KKN Tim I Undip 2021/2022

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan