Mohon tunggu...
Rifqi NabilR
Rifqi NabilR Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa yang membuat berita untuk memenuhi tugas universitas dalam program MBKM Membangun Desa 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa MBKM UM Gelar Sosialisasi Literasi Keuangan pada BUMDes Desa Ngingit, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang

18 Januari 2022   17:22 Diperbarui: 18 Januari 2022   17:26 143 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pemerintah Desa Ngingit bersama Mahasiswa MBKM UM 2021 menggelar Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Bumdes di Balai Desa Ngingit, Senin, 27 Desember 2021. Kegiatan ini di hadiri oleh, Kepala Desa, Perangkat Desa, Karang Taruna, Ibu anggota PKK, serta Mahasiswa MBKM UM 2021.

Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Bumdes dengan Narasumber Dosen Akuntansi di Universitas Negeri Malang, dalam hal ini disampaikan oleh Ibu Dhika Maha Putri , S.Pd, M.Acc selaku dosen mata kuliah Pengauditan, Etika Bisnis dan Profesi di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Materi yang disampaikan meliputi dasar pencatatan serta pengeolaan keuangan dalam sistem bank sampah, selain itu Ibu Dhika juga melakukan sharing bersama para warga terutama pengelola bank sampah terkait kondisi pencatatan keuangan bank sampah saat ini.

BUMDes singkatnya adalah dari Badan Usaha Milik Desa. Apabila diperinci Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Bumdes diikuti dengan perhatian dan antusias yang tinggi dari para peserta kegiatan sosialisasi. Hal ini tidak lepas dari pemateri pada acara tersebut yaitu Ibu Dhika Maha Putri yang ahli dalam menjelaskan materi sedetail dan semudah mugkin untuk dipahami oleh para peserta kegiatan.

Dokpri
Dokpri

Beliau juga berpesan pada peserta kegiatan tersebut agar materi yang telah disampaikan dapat direalisasikan dan program baru yang direncanakan oleh BUMDes Ngingit dapat segera terlaksana dan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat Desa Ngingit. Acara ditutup pada pukul 12.00 oleh Sdr. Raden Ramadhan Priyo Prasetyo selaku pembawa acara pada kegiatan tersebut, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan peserta kegiatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan