Mohon tunggu...
Rifki Ramadana
Rifki Ramadana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, Selamat datang di Blog saya. Disini saya akan memberikan informasi seputar kehidupan sehari - hari.

Selanjutnya

Tutup

Trip

Pendakian Gunung Prau 2.565 Mdpl via Patak Banteng

20 Juli 2022   04:36 Diperbarui: 22 Juli 2022   14:05 282 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Gunung Prau memiliki view pemandangan mempesona, khususnya ketika sunrise. Waktu pendakian yang pendek merupakan waktu yang pas bagi pendaki pemula untuk menikmati secuil surga pagi di puncak tertinggi Dataran Tinggi Dieng. Gunung Prau masuk di dalam daftar 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Gunung Prau merupakan batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo. 

Kali ini saya hanya akan membahas pendakian Gunung Prau via Patak Banteng di karenakan saya pernah menaiki Gunung Prau ini melewati jalur tersebut.

Transportasi ke Basecamp Patak Banteng

Jalur pendakian Gunung Prau via Patak Banteng relatif lebih singkat dan paling sering dilewati oleh para pendaki.

Ada beberapa alternatif cara ke basecamp Patak Banteng :
1. Kereta Api Dari Jawa Barat / Jakarta : Naik kereta turun di Stasiun Purwokerto / Stasiun Kutoarjo / Stasiun Semarang. Kemudian lanjut menuju terminal dan naik bus tujuan Wonosobo. Lanjut microbus menuju Dieng.

2. Dari Jabodetabek : Naik bus tujuan Wonosobo, turun di Taman Plasa. Kemudian naik microbus jurusan dieng ke basecamp Patak Banteng.

3. Dari Jogja/Solo : Naik bus jurusan Surabaya - Wonosobo. Sampai terminal naik angkot ke kota Wonosobo, dilanjutkan microbus jurusan Dieng ke basecamp Patak Banteng.

4. Dari Purwokerto : Naik bus tujuan Wonosobo, turun di pertigaan klenteng. Lanjut naik bus jurusan Dieng ke basecamp Patak Banteng.

5. Dari Jawa Timur : Naik bus tujuan Semarang atau Jogja kemudian lanjutkan seperti rute diatas.

Di sepanjang jalur pendakian tidak terdapat mata air sehingga dihimbau untuk mempersiapkan perbekalan di basecamp, dimana ada beberapa warung yang menyediakan kebutuhan logistik.
Sebelum melakukan pendakian, para pendaki terlebih dahulu melakukan pendaftaran SIMAKSI atau surat izin masuk kawasan konservasi) dengan membayar Rp 15000 dan menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, serta tak lupa kartu identitas menjadi syarat yang utama. Setelah semua selesai, biasanya para pendaki langsung memulai pendakian.

Pendakian Gunung Prau Basecamp - Pos 1 Sikut Dewo
Awal pendakian dari basecamp ini para pendaki terlebih dahulu melewati perkampungan dan beberapa anak tangga yang berwarna warni. Setelah itu, para pendaki langsung dihadapkan dengan track bebatuan yang curam dengan perkebunan disampingnya. Biasanya track semacam ini membuat lutut terasa lebih berat. Setelah berjalan menyusuri jalanan bebatuan, para pendaki akan menjumpai belokan dengan gubuk kecil dan beberapa kursi untuk istirahat, dengan estimasi waktu sekitar 30 menit. Inilah Pos 1 yang disebut Sikut Dewo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan