Mohon tunggu...
Rifdah AuliaRahadatulaisyi
Rifdah AuliaRahadatulaisyi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Efek Samping Minum Kopi saat Perut Kosong

26 Oktober 2021   10:32 Diperbarui: 26 Oktober 2021   10:36 40 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saat ini kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari. Bahkan beberapa orang menjadikan kopi sebagai menu sarapannya. Sebagian orang berpendapat dengan mengonsumsi kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas akan membuat mata lebih terjaga dan meningkatkan semangat untuk menjalani hari. Mengonsumsi kopi di pagi hari saat perut kosong bukanlah ide yang baik. Kebiasaan minum kopi di pagi hari dapat meningkatkan berbagai risiko gangguan kesehatan.

Berikut ini merupakan beberapa akibat jika terlalu sering mengonsumsi kopi di saat perut kosong:

Meningkatkan asam lambung. Menurut penelitian, kopi telah terbukti dapat merangsang produksi asam. Oleh karena itu mengonsumsi kopi saat perut kosong akan meningkatkan asam lambung. Akibatnya, akan timbul keluhan seperti nyeri ulu hati, mual,  mudah kenyang, sering bersendawa, hingga mungkin kesulitan menelan.

Mudah stres dan cemas. Jika Anda sedang mengalami kondisi stres dan mengalami gangguan kecemasan, sebaiknya hindari mengonsumsi kopi secara berlebihan. Kandungan kafein pada kopi sangat rentan menyebabkan kondisi kecemasan hingga bipolar. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan produksi hormon stres kortisol. Hormon kortisol berfungsi mengatur metabolisme, tekanan darah, dan kadar gula darah. Jika hormon kortisol diproduksi secara berlebihan dalam jangka panjang akan memicu masalah kesehatan meliputi osteoporosis, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Menyebabkan dehidrasi. Mengonsumsi kopi saat perut kosong juga dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Hal itu terjadi karena kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Gejala yang akan ditimbul meliputi hilangnya keelastisitasan kulit, urine berwarna gelap, aroma urine yang sangat kuat, serta denyut jantung yang lebih cepat.

 Untuk menghindari efek samping minum kopi di saat perut kosong, ada beberapa alternatif minuman lain, seperti infused water, jus buah, susu, dan teh. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi kopi di pagi hari asalkan perut Anda sudah terisi. Jika sarapan atau makan biasa terlalu berat, setidaknya perut Anda sudah terisi oleh kudapan atau makanan ringan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan