Mohon tunggu...
iyes krsthmnda
iyes krsthmnda Mohon Tunggu... -

Mahasiswa FISIP Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Gadget

TEKNOLOGI ZAMAN MILENIUM

21 Agustus 2018   06:01 Diperbarui: 28 Agustus 2018   10:32 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Era modern seperti saat ini yang kita alami yaitu hampir semua hal menggunakan teknologi digital termasuk juga dengan cara kita berkomunikasi menggunakan media-media sosial yang sudah tersedia aplikasinya serta didapatkan dengan begitu mudah hanya klik satu kali kita dapat eksplore apa saja. Sebelum masuk pada pembahasan yang lebih dalam, sebaiknya kita harus mengetahui pengertian dari media. Menurut Asociation of Education Comunication Technology (AECT), media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untu proses penyaluran pesan.Buku yang berjudul "NEW MEDIA A CRITICAL INTRODUCTION SECOND EDITION" yang ditulis oleh Martin Lister, Jon Dovey, Seth Giddings, Iain Grant dan Kieran Kelly, pada bab pertama membahas mengenai media baru dan teknologi baru. 

Dalam buku ini juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dipikiran banyak orang tentang apa itu media baru. Berkaitan dengan media membuat penulis berpikir ketika telah mempelajari media, itu berkaitan dengan media komunikasi serta lembaga yang berperan dalam media, contohnya seperti media cetak, iklan, penyiaran radio dan televisi. 

Produk-produk budaya yang dihasilkan melalui sebuah media yaitu film, buku, koran dan lain-lain. Dalam buku ini juga dituliskan tentang proses penyelidikan yang dilakukan penulis lewat isi atau konten dari media tersebut serta bagaimana distribusi dilakukan pada saat ini. 

Di era yang serba digital seperti saat ini apakah cara kerja produksinya akan sama seperti dahulu? Apakah strategi untuk memasarkan produk akan sama seperti dahulu? Lalu bagaimana dengan pengambilan gambar apakah sama seperti dahulu dengan tetap memakai ilmu yang sudah diwarisi bertahun-tahun?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang akan muncul di saat yang modern sehingga kita perlu mengetahui apa itu media baru seperti judul pada bab pertama ini. Dunia media dan komunikasi akan terlihat berbeda dari waktu ke waktu.

Media cetak, fotografi, pertelevisian akan memiliki perkembangan dari waktu kewaktu. Perubahan yang terjadi juga menyangkut perubahan sosial dan budaya. Budaya yang ada di Indonesia saat ini terkontaminasi dengan budaya luar atau biasa di katakan kebarat-baratan. Media baru disini dilhat sebagai sebuah bagian dari jenis perubahan baik sebab maupun akibat. 

Dalam pengertian tersebut muncul media baru yang merupakan semacam hal atau fenomena yang membuat zaman masih dilihat sebagai bagian dari sosial, teknologi dan budaya yang lebih luas atau lebih tepatnya lagi sebagai suatu bagian dari teknokultur yang baru. 

Penggunaan kata media baru memiliki arti yang berbeda dari individu yang satu dengan lainnya. Sementara penggunaan kata media digital memiliki sisi lain yang menarik untuk menjadi perhatian di suatau hal tertentu. 

Dalam buku ini, penulis juga membicarakan mengenai perbedaan media baru yang dapat kita lihat bersama bahwa media menawarkan kemungkinan represntasional baru. 

Hal baru yang ada dalam media tentang hubungan, identitas serta komunitas juga mengalami perubahan baik secara pribadi maupun sosial yang berhubungan dengan waktu dan tempat, cara kita menempatkan dimana kita berada juga berbeda karena media baru saat ini tidak terbatas oleh ruang dan waktu, sehingga kita dapat mengakses apapun, kapanpun dan dimanapun dengan sangat mudah dan cepat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun