Zaman sekarang, pasti kita sudah tidak asing dengan istilah SEO dan SEM. Lalu, SEO dan SEM itu apa sih?
Secara umum, SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimisation adalah tindakan memodifikasi situs web untuk meningkatkan peringkatnya dalam daftar mesin pencari organik (berbayar). Sedangkan SEM atau singkatan dari Search Engine Marketing adalah tindakan pemasaran situs web melalui mesin pencari dengan membeli daftar berbayar.
Seberapa penting sih SEO dan SEM dalam dunia online seperti sekarang? SEO mampu memberi kemampuan pada suatu perusahaan untuk mengarahkan pelanggan pada situs web mereka. SEO juga dapat meningkatkan profil perusahaan terhadap pesaing bisnis mereka. SEM sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan SEO, hanya saja sistem SEM ini berbayar tiap per-klik nya. SEM juga biasanya menyediakan daftar yang dijual mesin pencari kepada pengiklan, baik melalui penempatan berbayar atau program inklusi berbayar . Sebaliknya, cantuman organik tidak dijual.
Kemajuan zaman memang menuntut segala hal untuk dapat beradaptasi serta survive dengan kondisi. Pemasaran secara online ini masih terlalu dini dan terlalu jauh, karena ke depan pasti akan ada sistem pencarian yang lebih modern dan lebih canggih lagi, sehingga dapat mengantarkan perusahaan pada target konsumen dengan lebih baik lagi.