Dean Ridone
Dean Ridone pegawai negeri

lesung pipit

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Persebaya Calon Kuat Juara Piala Presiden 2019

9 April 2019   11:25 Diperbarui: 9 April 2019   11:39 149 0 1
Persebaya  Calon Kuat Juara Piala Presiden 2019
Sumber Photo : Football tribe

Reputasi dua kota besar di Jawa Timur akan dipertaruhkan di lapangan sepakbola. Derbi Jatim akan tersaji pada perhelatan final sepakbola Piala Presiden 2019. 

Surabaya melalui tim sepakbolanya, Persebaya, akan membuktikan sebagai kota yang pantas memenangkan piala Presiden 2019. Sementara, Malang pun tak begitu saja menyerah. Lewat klub andalannya, Arema Fc akan berusaha mengembalikan piala Presiden yang pernah direbutnya dua tahun lalu.

Usaha  Arema memenangkan kembali Piala Presiden musim ini akan menemui jalan terjal, pasalnya Persebaya lawan yang dihadapinya telah menunjukan grafik kualitas permainannya. 

Di awal babak penyisihan, mereka mampu mempermalukan Persib dengan memasukan lebih dari dua gol di Stadion Jalak Harupat. Korban berikutnya, Madura United, yang dikalahkan lewat permainan yang ketat. 

Pada Leg 1 saat bermain dikandang sendiri, Persebaya lumayan agak susah payah mengalahkan Madura United, 1-0. Permain ketat yang sama pun tersaji pada leg 2 saat bertandang. Lagi-lagi Persebaya hanya menang tipis 3-2, tetapi secara aggregat unggul 4-2, mengantarkan langsung ke final.

Ada sedikit catatan menarik dari hasil pertandingan Persebaya pada leg-2, dimana Persebaya sempat dua kali kecolongan gol. Kejadian ini pernah juga terjadi saat Persebaya melawan Perseru di babak penyisihan. 

Namun dengan sigap, para pemain Persebaya mampu memulihkan keadaan, dan dengan tenang mampu mengendalikan keadaan, lalu menguasai permainan. Alhasil Persebaya mampu memenangkan pertandingan.

Kualitas permainan Persebaya terbukti mampu mengembalikan keadaan dari tekanan lawan, seperti saat bermain melawan Madura United dan Perseru. Tentunya kualitas tersebut tidak datang begitu saja, tetapi bisa dilihat dari kualitas mental para pemainnya. 

Di barisan striker, ada duet maut baru Persebaya, yakni; Amido Balde dan Manuchekr Djalilov. Tak kalah garangnya, dua sayapnya, Irfan Jaya dan Osvaldo Haay sering merepotkan lawan. 

Di bagian gelandang juga tak kalah hebatnya ada trio maut, yakni Fandi Eko Utomo, Misbakhus Solikin, dan Damian Lizio. Kadang ketiganya sering bergerak membantu ke depan.

Sementara bagian belakang, dihuni oleh dua bek tangguh, Hansamu Yama dan Otavio Dutra. Hebatnya dua bek tersebut sering juga bergerak ke depan dan membantu serangan. masing-masing keduanya telah membukukan gol. 

Dan tentu tak kalah hebatnya lagi penjaga gawangnya, Miswar Saputra yang senantiasa lihai dan lincah menjaga area pertahanannya.

Tentunya tidak hanya pemain yang hebat, tetapi juga sang pelatih, Djajang Nurjaman. Mantan Pelatih Persib sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Dia datang ke Persebaya disaat kondisi Persebaya hampir-hampir degradasi. 

Berkat tangan dinginnya Persebaya merangsek ke papan tengah. Kualitas permainan Persebaya pun meningkat hingga puncaknya Persebaya bisa melaju ke final Piala Presiden 2019.

Piala Presiden buat sang pelatih bukan hal yang baru. Di 2015, Djajang mengangkat Piala Presiden bersama Persib. Djajang berharap mengangkat Piala Presiden untuk kali kedua bersama tim yang berbeda. 

Dan tentunya, dilihat dari kualitas permainan, mental dan kualitas pemain, serta pelatih dipastikan Persebaya sebagai calon kuat juara Piala Presiden 2019.