Mohon tunggu...
Ridho Yanuar
Ridho Yanuar Mohon Tunggu... Guru - Belajar,belajar, dan belajar

berusaha dan berikhtiar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

2 Juni 2021   13:00 Diperbarui: 2 Juni 2021   12:59 3874
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

  1. Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?
    Sebagai guru penggerak harus memiliki semangat luar biasa dan mampu menjadi agent of change dari pembelajaran. seorang guru penggerak harus mampu tergerak, bergerak dan menggerakkan. tergerak berarti secara sadar dan tanpa paksaan untuk menjadi agen perubahan dari pembelajaran, bergerak berarti mampu melakukan aksi untuk mewujudkan perubahan pembelajaran dan menggerakkan berarti mampu merangkul atau mengajak sekitar untuk mewujudkan perubahan pembelajaran. dalam pendidikan guru penggerak, terdapat nilai yang harus melekat pada guru penggerak yaitu Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif dan berpihak pada murid. dan peran guru penggerak yang harus dilaksanakan yaitu menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid.

  2. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!
    Nilai dan peran guru penggerak sangat erat kaitannya dengan filosofi KHD. filosofi KHD yang paling utama adalah menghamba pada murid atau berpusat pada murid. sebagai guru kita harus mengetahui apa yang diinginkan oleh murid sehingga kita bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh murid. Ki Hajar Dewantara mengibaratkan bahwa tanaman padi jika ditanam ditanah subur namun tidak dipupuk dan disiram, maka hasil padi tidak akan bagus namun apabila padi ditanam ditanah biasa namun dirawat, diberi pupuk dan dialiri air secara berkala maka menghasilkan padi kualitas super. begitupun dengan murid, murid dengan kemampuan biasa namun tidak dirawat,tidak diperhatikan maka akan menjadi murid dengan kualitas biasa, namun apabila murid dengan kemampuan biasa dirawat dalam artian selalu diberikan apa yang diinginkan, dirawat dan dididik maka akan menjadi murid dengan kualitas yang luiar biasa. hal ini tidak terlepas dari nilai dan peran guru sehingga dengan menerapkan nilai dan peran guru akan menghasilkan murid dengan kemampuan luar biasa.

  3. Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?
    Ilustrasi yang saya buat pada demontrasi konstektual adalah mampu menjadi bintang yang mampu menerangi disekitarnya. harapan saya bahwa pendidikan khususnya pendidikan dari KHD mampu membuat perubahan dalam pendidikan indonesia terutama guru karena guru adalah tiang utama dari pendidikan.
    strategi saya yaitu Belajar...Belajar...Belajar... baru action

  4. Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?
    pihak yang dapat membantu saya yaitu kepala sekolah, teman sejawat, dan keluarga. kepala sekolah memiliki peran penting karena sebagaai pemangku jabatan tertinggi di sekolah yang mampu memberikan jalan terbaik bagi guru. teman sejawat memiliki peran sangat baik karena mampu berkolaborasi dan bekerja sama. keluarga tak kalah memiliki peran penting karena senangnya saya juga senangnya keluarga

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun