Mohon tunggu...
Ridho Atha Maulana
Ridho Atha Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seseorang yang ingin belajar menulis dan berbagi informasi terkini serta ilmu pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jepang dan Korea Selatan, Calon Juara Piala Dunia 2022?

3 Desember 2022   16:21 Diperbarui: 3 Desember 2022   16:26 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: bola.net dan bola.com

Babak grup Piala Dunia 2022 telah usia. Grup G dan Grup H menjadi yang terakhir menggelar pertandingan Piala Dunia di babak penyisihan grup. Selama dua minggu, seluruh tim peserta Piala Dunia 2022 tampil dengan ciamik bahkan membuat banyak prediksi dari penonton meleset. 

Salah satunya ialah Jepang yang mampu menjadi kuda hitam bagi tim raksasa Benua Eropa. Di pertandingan awal Grup E (23/11), Jepang mampu mengalahkan Jerman dengan skor tipis 1-2 di Stasion Internasional Khalifa. Sempat tertinggal 1-0 oleh Jerman, Jepang tidak menyerah begitu saja sehingga mampu membalikkan keadaan dan memenangkan pertandingan. Kemenangan Jepang atas Jerman ini merupakan yang pertama kalinya dari 3 pertandingan. Laga persahabatan pada tahun 2004 di menangkan oleh jerman dengan skor 3-0, lalu pada tahun 2006 berakhir seri 1-1. 

Pada pertandingan kedua Jepang melawan Kostarika (27/11), Jepang mengalami kekalahan dengan skor tipis 0-1 di Ahmad bin Ali Stadium. Kekalahan Jepang atas Kostarika merupakan pertama kalinya di semua kompetisi. Di laga sebelumnya, Jepang menang tiga kali dan seri satu kali melawan Kostarika. 

Di laga terakhir (2/12), Jepang lagi-lagi membungkam tim raksasa dari eropa yakni Spanyol dengan skor tipis 2-1 di Stadion Internasional Khalifa. Seperti saat melawan Jerman, Jepang sempat tertinggal 0-1 sebelum akhirnya mengungguli Spanyol. Meskipun gol kedua Jepang menimbulkan kontroversial, namun nyatanya gol tersebut dianggap sah sesuai aturan FIFA melalui peninjauan VAR. Dengan kemenangan tersebut membuat Jepang menjadi juara grup untuk pertama kalinya sejak 2002, dan memantapkan diri untuk melaju ke babak gugur piala dunia 2022

Selain Jepang, tim Benua Asia lain yang menjadi kuda hitam bagi tim raksasa eropa yaitu Korea Selatan. Di laga penutupan fase grup (2/12), Korea Selatan mampu memenangkan pertandingan atas Portugal dengan skor tipis 2-1. Sempat tertinggal 0-1, Negara yang memiliki julukan negeri gingseng tidak mau melepaskan tiket 16 besar begitu saja. Pertandingan berlangsung cukup sengit, namun Portugal harus mengakui keunggulan Korea Selatan. Kemenangan Korea Selatan tersebut membawa mereka menjadi runner-up grup dan sukses lolos dari fase grup di piala dunia untuk ketiga kalinya setelah tahun 2002 dan 2010. 

Jepang dan Korea Selatan menjadi perwakilan Benua Asia di fase gugur Piala Dunia 2022. Ini menandakan bahwa Asia mampu bersaing dengan Eropa maupun Amerika Latin. Dibuktikan dengan kedua negara tersebut mampu mengalahkan tim raksasa dari Benua Eropa.

Untuk laga selanjutnya, Jepang akan melawan Kroasia (5/12), Sedangkan Korea Selatan akan menjamu Brazil (6/12) pada babak gugur Piala Dunia 2022. Perjalanan mereka masih panjang. Mereka harus bekerja keras agar bisa mencapai babak grand finals Piala Dunia 2022. 

Namun, jika mereka mampu menjaga permainan mereka, bisa jadi mungkin mereka akan menjadi tim Asia pertama yang mendapat gelar juara Piala Dunia. 

Bagaimana menurutmu sobat?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun