"Promo ekstra ramadhan, disini! Klik beli dan dapatkan cashback 100ribu!"
"Cashback spesial hingga 150ribu!Mau tau? Yuk coba sekarang juga!"
Fenomena hadiah spesial menjelang dan disaat Ramadhan, bukan lagi hal yang aneh dan unik di tengah masyarakat. Nafsu belanja kaum belanja online yang umumnya hadir sebagai kaum millenial, kini telah menjadi alat promosi dari banyak penyedia layanan jual beli online.
Ramadhan, sebagai bulan suci umat muslim, nampaknya juga bisa menjadi bulan 'suci' bagi  kaum pemburu diskon. Bagaimana tidak? Hampir setiap hari dengan jumlah promo hingga milyaran bahkan triliun rupiah digelontorkan demi menggaet pembeli dari berbagai kalangan, tua maupun muda, adam maupun hawa; semua sama di era digital ini.
Tidak jauh-jauh, bahkan Tokopedia, brand yang  sudah lekat dengan belanja online, rumornya juga akan mengadakan promo besar-besaran di tanggal 20an Mei 2018 ini.
Entah, apa bisa makna suci 'Ramadhan' disejajarkan dengan 'Promo'?
Promo dan Ramadhan, dua kata dengan makna yang, mungkin.... sangat berbeda 10 tahun yang lalu. Kini kedua kata tersebut, memiliki makna yang lekat.