Mohon tunggu...
Bonaventura Ricky Yosan
Bonaventura Ricky Yosan Mohon Tunggu... pekerja di ladang Tuhan

Servite Domino in Laetitia

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Perbedaan SUV (Sport Utility Vehicle) dan MPV (Multi Purpose Vehicle)

6 Agustus 2020   21:35 Diperbarui: 6 Agustus 2020   21:32 59 1 0 Mohon Tunggu...

Dunia otomotif menjadi dunia yang penuh dengan inovasi dan kreatifitas. Hal ini dikarenakan dunia otomotif terdapat banyak sekali jenisnya, terutama untuk mobil dan motor. 

Untuk pasar Indonesia sendiri pasar otomotif yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia adalah mobil jenis SUV (sport utility vehicle) dan MPV (multi purpose vehicle). Kedua jenis mobil ini berbeda, namun paling laris di pasar Indonesia. Kesempatan kali ini penulis akan membahas perbedaan mobil jenis SUV dan MPV.

Sebelum mengenal perbedaan mobil jenis SUV dan MPV, terlebih dahulu harus mengetahui arti dari otomotif itu sendiri. Menurut KBBI, otomotif berhubungan dengna sesuatu yang berputar dengan sendirinya. Dengan kata lain otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang mesin kendaraan bermotor, seperti mobil dan sepeda motor.

Kita lihat terlebih dahulu apa itu jenis mobil SUV?. Mobil jenis SUV adalah klasifikasi mobil penumpang, namun dibangun di atas kerangka truk ringan. 

Mobil jenis SUV memiliki ciri khas di ketangguhannya di segala medan dan penggunaan sasis leader frame yang sangat tangguh di medan offroad. Dan biasanya dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda (4x4). Serta, mobil jenis SUV pasti memiliki ground clearance yang lebih tinggi dari mobil jenis lainnya. 

Semua ciri khas membuktikan bahwa mobil jenis SUV tangguh di segala medan dan menjadi mobil yang cocok digunakan di Indonesia dilihat dari kondisi geografis Indonesia itu sendiri. Banyak sekali jenis mobil SUV, seperti: low SUV, compact SUV, medium SUV, dan big SUV. Perbedaan semuanya terletak terletak pada keluasaan ruang kabin dan fitur yang dimiliki setiap mobil tersebut.

Apa sebenarnya jenis mobil MPV itu? Mobil jenis MPV adalah mobil multi fungsi. Mobil jenis ini di desain untuk dapat mengangkut banyak penumpang atau disebut mobil keluarga. 

Biasanya, mobil jenis ini memiliki ruang kabin yang luas, karena lebih memperhatikan faktor kenyamanan daripada ketangguhan. maka, faktor kenyamanan menjadi poin utama dalam mobil MPV ini. 

Ciri khas dari mobil MPV adalah muat diisi 7 orang penumpang / 7 seaters. Sasis yang digunakan pada mobil MPV ini biasanya menggunakan sasis monokok. Sasis ini terkenal lebih nyaman dibandingkan leader frame. Dan jenis mobil MPV ini sangat laris di pasar Indonesia, karena Kenyamanan dan fungsinya yang dapat digunakan untuk apa saja.

Jadi, apa perbedaan antara mobil jenis SUV dan MPV? Jenis SUV lebih memperhatikan faktor ketangguhan di segala medan, sedangkan jenis MPV lebih memperhatikan faktor kenyamanan bagi penggunanya. SUV banyak menggunakan sasis leader frame, sedangkan MPV menggunakan sasis monokok. Untuk ruang kabin SUV lebih sempit, sedangkan MPV lebih luas. Untuk harga, SUV sedikit lebih mahal daripada MPV. 

Jenis SUV memiliki ciri khas penggerak 4 roda (4x4), sedangkan MPV menggunakan penggerak 2 roda (penggerak roda belakang atau depan). Untuk mobil SUV lebih untuk keasyikan berkendara pribadi, kalau MPV lebih baik menggunakan supir untuk merasakan kenyamanan mobil tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN