Mohon tunggu...
Ribut Achwandi
Ribut Achwandi Mohon Tunggu... Penulis - Penyiar radio dan TV, Pendiri Yayasan Omah Sinau Sogan, Penulis dan Editor lepas

Penyuka hal-hal baru yang seru biar ada kesempatan untuk selalu belajar.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Misteri di Balik Eksotika Curug Genting

20 April 2023   02:21 Diperbarui: 20 April 2023   02:28 362
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber gambar: dok. pribadi)

Sudah sangat lama saya tak mampir ke Curug Genting. Meski baru dua atau tiga kali saya mampir di wisata alam air terjun ini, rasa-rasanya ada kesan mendalam. Selain pemandangannya yang eksotis dengan pemandangan hutan yang mengelilinginya, ada juga hal-hal yang masih misterius bagi saya. Entah sekarang. Pemandangannya, apakah masih seeksotis dulu? Ataukah sudah terlalu banyak sentuhan manusia, hingga membuat kawasan ini menjadi makin ramai dikunjungi wisatawan?

Maklum, di era sekarang dunia wisata sedang ramai-ramainya digeliatkan. Sampai-sampai terkadang keasrian alamnya berubah. Tentu, perubahan ini juga berdampak pada keutuhan ekosistem yang turut berubah pula.

Dulu, ketika saya menjejakkan kaki di kawasan air terjun ini pemandangannya masih cukup asri. Belum ada warung-warung berdiri di sekitar curug. Akses jalannya juga masih belum tertata. Jalan aspal yang membelah hutan menuju curug masih rusak lumayan parah.

Tetapi, dengan kondisi semacam itu membuat pemandangan alam Curug Genting masih cukup terjaga. Apalagi saat saya sampai di curug itu tak nampak satu pun sepeda motor terparkir. Jadi, dugaan saya saat itu, Curug Genting belum banyak dikunjungi. Dan itu artinya, udara di Curug Genting masih lumayan segar.

Sesampai di sana, rupanya saya masih harus menuruni anak tangga yang waktu itu belum tertata rapi. Ketinggian tiap anak tangga berbeda-beda, sehingga perlu berhati-hati saat melangkah. Apalagi permukaan pada tiap-tiap anak tangganya basah dan berlumut.

Saya tak sempat menghitung jumlah anak tangga yang saya lalui. Akan tetapi, cukup menguras keringat dan membuat tulang persendian terasa agak linu. Makanya, begitu saya dan kawan-kawan sampai di dasar jurang, kami langsung menuju sungai dan mendekati air terjun.

Sayang, waktu itu belum ada android. Kamera masih jadi barang lumayan mahal. Kalaupun ada yang bawa, tentu masih harus nunggu waktu untuk dicetak. Dan, untuk memiliki foto itu pun masih harus melalui proses lagi. Dicetak lagi disesuaikan dengan jumlah yang diinginkan.

Dan sayangnya lagi, di antara kami tak seorang pun yang membawa kamera. Jadi, tak ada sesi foto-foto di Curug Genting. Saya dan kawan-kawan hanya bisa berlama-lama menikmati betul kesegaran air dan udara Curug Genting.

Tak ketinggalan, kami mengelilingi setiap sisi curug. Mata saya menangkap pemandangan yang sangat mengagumkan. Tatanan batu-batu raksasa yang demikian rapi menjadi penahan dinding tebing.

Di beberapa bagian, saya melihat struktur batuan yang tampak rata, seperti dinding tembok. Batu itu amat tinggi menjulang hingga ke atas tebing. Tingginya setara dengan bangunan gedung berlantai tiga atau empat. Struktur batuan ini tampak terkonstruksi begitu rapi. Tegak menjulang ke atas, seperti sebuah tembok raksasa. Tetapi, bukan tumpukan batu yang ditata seperti bata. Hanya ada beberapa lapis batu. Kira-kira antara dua sampai tiga lapis batu.

Pada beberapa sisi, tampak cekungan yang membentuk persegi. Pada tiap tepian sudutnya tak ditemukan lekukan yang menonjol. Sangat presisi. Seperti batu raksasa yang dilubangi dengan peralatan canggih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun