Mohon tunggu...
Ria YuliatiIchsan
Ria YuliatiIchsan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia'18 Jurusan PGPAUD

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Penggunaan Aplikasi Game Edukatif "Mapan" sebagai Sarana Pembelajaran Daring Anak Usia Dini di TK Learning Center

27 Juli 2021   09:16 Diperbarui: 27 Juli 2021   09:36 83 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penggunaan Aplikasi Game Edukatif "Mapan" sebagai Sarana Pembelajaran Daring Anak Usia Dini di TK Learning Center
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dimasa Pandemi COVID-19 ini seluruh masyarakat di harapkan untuk tetap menjaga protocol kesehatan dan juga  tetap berada di dalam rumah. Sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan "stay at home" dan "work at home". Kebijakan ini juga berimbas pada bidang pendidikan yang dimana dari jenjang TK hingga Perguruan Tinggi, pembelajaran dilakukan secara daring atau dari rumah. 

Tak bisa dipungkiri bahwasannya dengan adanya kebijakan pembelajaran daring di kalangan anak usia dini atau jenjang TK membuat para orangtua kewalahan, anak-anak yang lebih senang bermain gadget dan orangtua yang harus meluangkan waktu banyak untuk menemani anak belajar. Belum lagi saat pembelajaran daring terdapat banyak kendala yang di alami, dari orangtua yang tidak bisa mengoperasikan googlemeet atau zoom, adanya kendala sinyal, anak-anak yang tidak mau stay di tempat dan mendengarkan intruksi guru, suara yang putus putus ketika sedang pembelajaran menggunakan videocall, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang menyelenggatakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2021 di TK Learning Center, membuat aplikasi game edukatif yang diberi nama "Mapan" untuk sarana pembelajaran daring anak usia dini di rumah.

Game edukatif ini dibuat sesuai dengan tema pembelajaran semester 1 yaitu "diri sendiri", dan difokuskan untuk anak mengenal panca indera. Yang dimana didalamnya memuat tentang video pembelajaran "mengenal panca indera", terdapat juga music tentang panca indera agar anak-anak lebih mudah mengingat apa saja panca indera dan fungsinya, serta terdapat permainan yang bisa dimainkan oleh anak sebagai evaluasi dari video pembelajaran yang telah di tonton anak sebelumnya.

Game edukatif  "Mapan" ini diharapkan dapat membuat anak-anak lebih tertarik belajar ketika di rumah dan lebih mudah mengenal tentang panca indera melalui game edukatif ini. Karena anak usia dini sekarang lebih banyak menghabiskan waktu nya untuk bermain gadget, dan lebih pintar mengoperasikan gadget. 

Aplikasi ini mudah untuk di dowmload para orang tua dan mudah untuk di operasikan oleh anak, game edukatif yang dirancang sesederhana mungkin, agar pemebelajaran yang disampaikan dapat dipahami oleh anak. 

Saya berharap dengan adanya game edukatif ini dapat memberikan semangat belajar dalam diri anak, dan juga berharap agar para guru tetap kreatif dan inovatif dalam membuat materi dan sarana pemebalajaran daring untuk anak usia dini, terlepas dengan adanya atau tidak adanya mahasiswa KKN di TK tersebut.

 

Penulis            : Ria Yuliati Ichsan

DPL                : Dr. Andika Arisetyawan, M.Si.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN