Mohon tunggu...
riap windhu
riap windhu Mohon Tunggu... Sales - Perempuan yang suka membaca dan menulis

Menulis untuk kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Menunaikan Shalat Tarawih Berjamaah di Masjid, Amalan di Bulan Ramadan yang Sayang Dilewatkan

6 April 2022   23:57 Diperbarui: 7 April 2022   00:28 578 24 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelaksanaan shalat tarawih di mSjid (dok.windhu)

Shalat tarawih menjadi pembeda dengan bulan lainnya karena hanya bisa dilaksanakan selama bulan Ramadan. Menunaikan tarawih sangat dianjurkan untuk mendatangkan pahala, keberkahan, dan ampunan dosa. Setelah beberapa tahun tidak bisa beribadah leluasa di masjid akibat pandemi, amalan di bulan Ramadan ini sayang dilewatkan.

Kertas pengumuman berisi larangan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah selama masa penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan mengoptimalkan pelaksanaan ibadah di rumah karena Corona Virus Disease (Covid), masih tertempel di pintu kaca masjid.

Di sisi pintu kaca satunya, tertempel stiker Dewan Masjid Indonesia (DMI) dari Tim Nasional Penanggulangan Bencana  Covid-19, jika masjid telah dilakukan penyemprotan dengan desinfektan.  

Saya memandangi kertas pengumuman tahun 2021 dan stiker itu. Selama dua tahun, yakni tahun 2020 dan tahun 2021, tidak digelar tarawih berjamaah. Dulu sebuah spanduk besar berdasarkan instruksi Mendagri/Gubernur DKI yang menyatakan tidak ada shalat berjamaah di masjid. Termasuk di dalamnya adalah Shalat Jumat.

Tarawih (dok.windhu)
Tarawih (dok.windhu)

2022 Boleh Tarawih Berjamaah di Masjid

Alhamdulillah, untuk tahun 2022 ini begitu memasuki bulan Ramadhan 1443 Hijriah, masjid yang lokasinya hanya beberapa ratus meter dari rumah, sudah melaksanakan shalat tarawih berjamaah.

Dua tahun sudah menahan diri untuk tidak shalat tarawih berjamaah,rasanya bahagia saat masjid-masjid sudah beraktivitas normal, seperti sebelumnya. Ya, walaupun untuk kali ini selama di masjid harus tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dengan menggunakan masker.

Ingatan membayang saat pertama kali mendengar pemerintah mengeluarkan larangan untuk melakukan kegiatan peribadatan di masjid agar tidak terjadi penularan virus pandemi. Semua langsung berubah.

Anjuran yang mesti dipatuhi sehingga membuat masjid kosong saat ramadan. Tidak ada shalat wajib berjamaah, kuliah subuh, kajian ramadan, buka puasa, dan shalat tarawih berjamaah di rumah.    

Saat itu, whatsapp grup ramai dengan obrolan tentang larangan itu. Tidak sedikit yang menyatakan merasakan kehilangan dengan tidak adanya shalat tarawih berjamaah di masjid. Tarawih merupakan shalat yang hanya bisa dikerjakan pada malam-malam di bulan ramadhan, tepatnya setelah shalat Isya dan sebelum shalat witir ini sangat dianjurkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan