Mohon tunggu...
riap windhu
riap windhu Mohon Tunggu... Perempuan yang suka membaca dan menulis

Menulis untuk kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Melakukan Aktivitas Ramadan di Rumah Aja Pakai yang Berunsur Kertas

27 April 2021   18:31 Diperbarui: 27 April 2021   18:33 302 20 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melakukan Aktivitas Ramadan di Rumah Aja Pakai yang Berunsur Kertas
Aktivitas ramadan di rumah aja dengan yang berunsur kertas. (dok.windhu)

Selagi ada waktu, lakukanlah. Nikmati jeda yang tersedia dengan memanfaatkan apa saja di sekitarmu secara positif. Bisa jadi inilah kesempatan untuk melihat hal sederhana yang dekat dengan keseharian. Salah satunya, menggunakan media kertas dalam aktivitas di rumah saja selama ramadan 1442 yang masih berada dalam suasana pandemi.

Ya, dalam aktivitas sehari-hari sekarang, menemukan kertas  tergolong mudah.  Termasuk di dalam rumah. Kertas memang sudah lama menjadi pendukung hidup manusia, sehingga  bisa dibilang, ketergantungan pada kertas memang  besar. Saat ini terdapat beragam jenis kertas di pasaran. Kertas-kertas itu ada yang berupa lembaran berbagai ukuran ataupun yang sudah mewujud menjadi buku dan koran.   

Nah di saat ramadan ini, sambil mengisi waktu luang yang ada, banyak kegiatan yang berkaitan dengan kertas. Apa saja? Simak berikut ini :

Membaca, aktivitas ramadan di rumah aja (dok.windhu)
Membaca, aktivitas ramadan di rumah aja (dok.windhu)

1. Membaca

Untuk aktivitas membaca,  siapakah yang masih membaca buku cetak? Tanpa perlu didebatkan, masih banyak yang suka membaca buku meski saat ini buku digital juga tersedia. Buku  merupakan kumpulan/himpunan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu, yang berisikan tulisan, gambar atasu kosong. Saya sendiri menikmati membaca dengan cara keduanya. 

Di saat ramadan pandemi tahun kedua, kegiatan membaca bisa semakin ditingkatkan. Bacaan wajib ramadan, tentu saja kitab suci Al Quran. Hayo, sudah sampai juz dan ayat berapa sampai kini? Dicatat ya, agar target tercapai! Jadikan membaca untuk menambah wawasan.

Selain membaca buku-buku bertema keagamaan, banyak buku novel yang dibaca ataupun buku komik. Majalah dan surat kabar berbahan kertas pun masih ada di pasaran. Kalau anak sekolah, tentunya masih berkutat dengan buku pelajaran. Betul, kan?

Menulis dengan tangan buat catatan (dok.windhu)
Menulis dengan tangan buat catatan (dok.windhu)

2. Menulis

Perkembangan teknologi memungkinkan orang tak lagi menulis di atas kertas. Jika punya ide dan pemikiran, bisa langsug dituangkan di komputer maupun langsung di ponsel pintar. Namun, buat saya, menulis di kertas ada asyiknya. Sensasinya  berbeda.  Biasanya, saya menggunakannya untuk mencatat poin penting, membuat coret-coretan apa yang hendak ditulis untuk tulisan serius. 

Saat di rumah, dengan memafaatkan kertas buku atau lembaran kertas HVS yang di belakangnya, lembaran kertas digunakan untuk menulis dengan asyik untuk mengisi aktivitas ramadan di rumah saja. Oh ya,menulis catatan harian pribadi alias diary juga asyik kok.

Menggambar untuk aktivitas di rumah aja (dok.windhu)
Menggambar untuk aktivitas di rumah aja (dok.windhu)

3. Menggambar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN