ABSTRAK
Psikologi pendidikan adalah ilmu untuk mempelajari masalah kesehatan mental dan fungsi psikologis seseorang dalam kaitannya terhadap pendidikan, karena interaksi merupakan disiplin ilmu yang penting untuk dipelajari. Masalah yang mengganggu atau mendukung kejiwaan siswa belajar untuk kemudian memahami keadaan mental siswa guru dapa mengatur dan mencoba mencari solusi dari masalah tersebut. Untuk itulah guru seharusnya memiliki pengetahuan yang luas terhadap psikologi pendidikan
PENDAHULUAN
Siswa memiliki perilaku, kepribadian, dan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu dalam proses belajar mengajar, pendidik perlu memperhatikan faktor psikologis anak, karena pendidikan sebagai proses perubahan tingkah laku yang dicapai melalui belajar mengajar tidak lepas dari akal jasmani. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungan.
Manfaat dari mempelajari psikologi pendidikan dalam proses pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran akan sesuai dengan karakteristik siswa, kegiatan pembelajaran di kelas akan dipahami secara alami, dan pembelajaran akan beragam, metode pengajaran yang efektif, pembelajaran akan menyenangkan, pendidik akan lebih peka terhadap perilaku dan kebutuhan siswa, pendidik akan dapat berkembang menjadi pembelajar yang humanistik yang mengetahui potensi siswa.
LATAR BELAKANG
Puji Syukur kepada Allah SWT karena atas limpahan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan artikel tentang Peranan Psikologi Dalam Pendidikan. Artikel ini ditulis sebagai wujud untuk memenuhi tugas dari dosen kami ibu Prof. Dr. Novianty Djafri M.Pd.I. sekaligus untuk lebih memahami peranan psikologi dalam pendidikan.
 METODE
Artikel ini ditulis menggunakan metode ilmiah dari buku berjudul "Pengantar Psikologi Pendidikan" yang ditulis oleh beberapa pakar psikologi pendidikan yakni Dr. Heny Perbowosari S.Ag, M.Pd, Dr. Irjus Indrawan S.Pd.I., M.Pd.I, Setyaningsih, S.Ag, M.Si., dan Hadion Wijoyo S.E, S.H, S.Pd.
 PEMBAHASAN
Psikologi pendidikan telah menjadi dasar untuk desain dan pengembangan sistem kurikulum, proses pembelajaran dan evaluasi dalam pendidikan. Partisipasi dalam pengembangan dunia pendidikan memiliki beberapa keuntungan, antara lain: