Mohon tunggu...
Rian Kurniawan
Rian Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips Menghafal Al Quran dengan Baik dan Mudah

18 Mei 2021   09:00 Diperbarui: 18 Mei 2021   09:12 147 12 2 Mohon Tunggu...

Amalan yang paling baik yang ingin diraih oleh seluruh umat islam adalah menghafal AL-Qur'an. Karena banyak sekali keutamaan yang akan didapatkan jika seseorang bisa menghafal AL-Qur'an dengan baik dan benar.

Keutamaan yang akan didapatkan jika menjadi penghafal AL-Qur'an salah satunya kelak didalam surga nanti akan diberikan derajat yang tinggi, dapat meberikan mahkota kepada orang tua di surga nanti dan terbebas dari siksa api neraka dan masih banyak lagi.

Namun, menghhafal Al-Qur'an bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Untuk menghafal satu surat pun butuh waktu yang sangatlah lama dan tidak jarang pula surat yang sudah dihafal pun tidak bertahan lama untuk hafal diluar kepala.

Jika kita tidak pandai memanfaatkan waktu maka keinginan untuk menghafal Al-Qur'an hanya akan menjadi keinginan belaka. Tapi bukan berarti menghafal Al-Qur'an menjadi suatu yang mustahil dilakukan bagi umat islam.

Untuk itu jika ingi menjadi pengafal Al-Qur'an kita harus menggunakan waktu dengan sebaik mungkin. Bersungguh-sungguh dalam menghafal Al-Qur'an dan yang paling penting meluruskan niat agar dapat dengan mudah menghafal Al-Qur'an dan menjadi konsisten dalam menghafal Al-Qur'an.

Banyak cara untuk menghafal Al-Qur'an . Berikut cara agar dengan mudah menghafal Al-Qur'an.

1. Meluruskan Niat

Sebelum melakukan sesuatu apapun alangkah baiknya untuk meluruskan niat. Maka dari itu sebelum menghafal Al-Qur'an hal yang paling utama adalah niat. Niat dengan benar adalah salah satu cara untu menghafal Al-Qur'an. Niatkan menghafal Al-Qur'an untuk beribadah kepada Allah SWT dan jangan sampai niat untuk menghafal Al-Qur'an karena ingin riya.

2. Memperbaiki Bacaan

Sebelum menghafal Al-Qur'an, alangkah baiknya untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang kita miliki. Memperbaiki bacaan Al-Qur'an perlu kita lakukan agar kita terhindar dari salah membaca Al-Qur'an. Membaca Al-Qur'an memang harus  mempunyai keutamaan yang banyak tetapi membacanya harus dengan baik dan benar.

3. Mendekatkan Diri Dengan Al-Qur'an

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN