Mohon tunggu...
Riani Suhandi
Riani Suhandi Mohon Tunggu... Buruh korporasi yang nyambi jadi penulis status sosial media

Buruh korporasi yang nyambi jadi penulis status sosial media

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Hai Pemula, Ikuti Tips Ini dalam Memilih Skincare yang Tepat

9 Juli 2020   21:22 Diperbarui: 9 Juli 2020   21:18 59 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hai Pemula, Ikuti Tips Ini dalam Memilih Skincare yang Tepat
tumblr.com/tatcha skincare

Bagi aku pribadi dan mungkin sebagian orang, skincare-an tidak melulu mengenai memakaikan suatu produk perawatan kulit pada wajah, namun esensinya bisa lebih dari itu. 

Selain sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sudah menciptakan organ kulit yang ajaib banget dengan cara merawatnya sebisa dan sebaik mungkin, juga sebagai representasi mencintai diri sendiri alias self love.

Dewasa ini, jagat per-skincare-an Indonesia tidak melulu digandrungi oleh kaum hawa, kaum adam pun turut andil di dalamnya, yang berarti orang-orang sudah mulai sadar kalau merawat diri adalah hak prerogatif setiap orang terlepas dari gender yang disandangnya. Bahkan sudah banyak, lho, bermunculan beauty vlogger laki-laki yang tidak pelit ilmu kepada skincare junckie serta para pemula.

Nah, untuk kamu yang ingin memulai merawat diri, namun bingung harus memulai dari mana dan membeli produk seperti apa, bisa banget mengikuti tips berikut ini.


1. Kenali Tipe atau Jenis Kulitmu

 Sebelum memutuskan membeli suatu produk, usahakan kamu mengenali jenis atau tipe kulitmu terlebih dahulu agar tidak salah sasaran. Kulit Normal, yang ditandai dengan kadar air dan minyak seimbang, pori-pori tak terlihat, kulit biasanya bebas dari permasalahan terlebih masalah hidup. 

Biasanya  kulit ini dilabeli kulit badak karena cocok-cocok saja dipakaikan produk apa pun. Kulit Berminyak, identik dengan kulit yang mengilap karena minyak, pori-pori terlihat jelas, dan biasanya mudah berjerawat. 

Tapi, jangan samakan dengan acne prone karena acne prone rupanya permasalahan kulit bukan jenis atau tipe kulit, usahakan cari produk berbahan dasar air atau gel. 

Kulit Sensitif, biasanya kering, gampang mengalami kemerahan, juga rentan berjerawat, dianjurkan untuk mencari produk yang mampu menenangkan, menghidrasi, dan menghindari produk pemicu iritasi.

2. Kenali Permasalahan Kulitmu

Selain dituntut untuk mengenali tipe atau jenis kulit sebelum menentukan produk skincare yang akan dipakai, kamu rupanya wajib untuk terlebih dahulu mengetahui apa yang sebenarnya sedang dibutuhkan oleh kulitmu saat ini. 

Kalau kulitmu dihadapkan pada jerawat yang tidak kunjung sembuh, pastinya kamu akan membeli produk yang mampu merawat kulit berjerawatmu, kan? Bukan malah memilih produk pencerah wajah. Fokus pada satu permasalahan dulu, ya, Sayang.

3. Jangan Malas Mencari Informasi

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mencari produk yang sekiranya bisa mengatasi permasalahan kulit kamu. Supaya kamu tidak asal beli hanya karena ikut-ikutan orang apalagi tergoda dengan hasil instan, gunakan lah gawaimu untuk “belajar” dari vlog-vlognya beauty guru, biasakan membaca reviu suatu produk pada blog-blog pribadi bahkan artikel-artikel kecantikan untuk memastikan kalau produk tersebut memang yang kamu butuhkan. Sosial media seperti Twitter dan Instagram pun bisa sangat membantu, lho. Jadi, tidak ada alasan untuk malas-malasan, kan?

4. Sesuaikan Budget

Aku selalu menanamkan mindset seperti ini,

“tidak ada yang terlalu mahal dan tidak ada yang terlalu murah untuk skincare, semua bergantung pada kemampuan,” 

kalau dirasa suatu produk terlalu mencekik kantungmu, berarti produk tersebut memang bukan diproduksi untukmu. Cari produk skincare yang sesuai dengan budget-mu karena banyak cara untuk bisa terlihat cantik tanpa harus merasa tercekik. Dan, pastikan produk tersebut aman, sudah terdaftar di BPOM serta bukan produk abu-abu alias abal-abal.

5. Peka Terhadap Reaksi Kulit

Setelah mendapatkan produk yang sekiranya sesuai, ini saat untuk mencobanya. Biasakan untuk tidak memakai produk baru dalam waktu bersamaan agar tahu seperti apa reaksi kulitmu pada produk tersebut. Minimal dua minggu, maksimal sebulan uji coba. Kalau cocok, bisa dilanjutkan dan ditambah dengan produk pendamping lain sesuai kebutuhan. 

Perlu diingat, sebagian orang akan mengalami purging ketika memakai produk baru, namun biasanya hanya berlangsung beberapa minggu. Kalau sampai berbulan-bulan, sudah saatnya stop pemakaian, dan buatlah catatan pribadi mengenai ingredient mana saja yang bereaksi buruk pada kulitmu. 

Jadi, merawat diri berlaku untuk semua kalangan baik pria maupun wanita. Lakukan lah dengan langkah yang tepat, serta cermat tanpa merasa harus cepat-cepat untuk melihat hasilnya. Selamat mencoba!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x