Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Konten Kreator, Digital Marketer

Simple, Faithful & Candid

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Ribuan Pohon dan Bunga Kini Sejukkan Candi Prambanan

30 Juni 2019   21:21 Diperbarui: 30 Juni 2019   21:49 0 3 1 Mohon Tunggu...
Ribuan Pohon dan Bunga Kini Sejukkan Candi Prambanan
Darling  Squad tanam  pohon bareng youtuber Andovi da Lopez  ( dok.pri)

Liburan ke candi memang menyenangkan. Menguak sejarah masa lalu tentu sangat asyik dilakukan, apalagi bagi para pecinta heritage. Hanya saja kadang beberapa pengunjung mengeluhkan betapa panasnya suasana di sekitaran candi.

Terkesan gersang dan kering, gak heran banyak pengunjung yang menyiapkan berbagai "alat perang" seperti payung, topi atau penutup tubuh lainnya agar nyaman saat liburan ke candi. "Biar gak kepanasan..", katanya. Menjawab banyak keluhan masyarakat, program Sadar Lingkungan "Darling" akhirnya diiniasi untuk membawa nuansa baru bagi candi-candi di Indonesia, yaitu lebih sejuk dan bersih.

Mudik saya setiap tahunnya tergolong dekat, hanya membutuhkan waktu tempuh kira-kira 1 jam dari Jogja menuju Klaten. Megahnya Candi  Prambanan  selalu mewarnai perjalanan  saya. Seakan mengingatkan kembali pada kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang dengan pembangunan 1000 candinya.

Bangga sih, candi ini kan menjadi salah satu situs budaya yang mendunia. Walau begitu, kedatangan saya ke candi ini tergolong jarang, mungkin seumur-umur hanya sekitar 4 kali selama 30 tahunan ini.

Candi Prambanan saat senja 26 Juni 2019 (dok.pri)
Candi Prambanan saat senja 26 Juni 2019 (dok.pri)

Tantangan  Aksi "Darling" (Sadar Lingkungan) bagi  Generasi Milenial 

Nah, menjawab kerinduan akan candi yang dipadati lebih dari 50 ribu pengunjung saat libur lebaran kemarin, saya pun kembali menapaki tanah bersejarah ini. Kali ini tak hanya menikmati suasananya, tapi saya malah ikut-ikutan untuk mainan tanah dan bibit pohon untuk ditanam pada rabu lalu (26/06/19). Lah, memangnya ada acara apaan sih ini?

Tahu kan, isu global warming semakin mengancam makhluk hidup? Nah, demi menjaga lingkungan dan merawat bumi, gerakan "Darling" alias Sadar Lingkungan digalakkan di kalangan generasi muda. Terkemas dalam label "Candi Darling", ratusan peserta berkaos hijau tampak menyegarkan area candi dengan berbagai aktivitas menarik.

Darling  Squad bersiap untuk melakukan aksi Sadar Lingkungan  (Dok.Pri)
Darling  Squad bersiap untuk melakukan aksi Sadar Lingkungan  (Dok.Pri)

Seperti apa sih keseruan even di kawasan berdirinya Candi Roro Jonggrang, Candi Bubrah, Candi Lumbung, dan Candi Sewu ini? Yuk ikuti liburan saya :D

1. "Candi Darling" akan Digalakkan ke Seluruh Penjuru Negeri 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x