Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Content Creator

Simple, Faithful & Candid

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Menikmati Sajian Akulturasi Budaya Tionghoa dan Jawa Melalui Momen Imlek

4 Februari 2017   18:06 Diperbarui: 6 Februari 2017   13:50 768 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Sajian Akulturasi Budaya Tionghoa dan Jawa Melalui Momen Imlek
Akulturasi Budaya Tionghoa dan Jawa

Tahun ini saya merasa beruntung mendapatkan kesempatan manis untuk ikut bersukacita bersama saudara-saudara Tionghoa dalam perayaan Malam Tahun Baru Imlek di Yogyakarta. Barongsai, angpao, dan warna merah tak lepas dari pandangan mata saya malam itu. Memang benar sih, beberapa pusat perbelanjaan, hotel, maupun resto-resto juga terhias warna dan pernak-pernik yang melambangkan kebahagiaan dan keberuntungan. Satu yang membuat saya kagum adalah saat dihibur dengan tarian yang merupakan perpaduan tarian bernunasa Tionghoa dan Jawa. Layak diacungkan jempol, ternyata seberagam ini ya budaya bangsa dalam kemasan “toleransi” dalam sebuah perayaan sakral.  

Makan malam bersama, tentu sebuah ritual tahunan yang tak pernah terlewatkan pada saat perayaan malam Tahun Baru Imlek. Berbagai sajian chinese food, pohon angpau, lagu-lagu oriental yang sangat familiar, serta hadirnya barongsai yang membuat beberapa orang terkesan geli serta terkagum—itu yang sempat saya nikmati malam di Swiss-belhotel Yogyakarta. Beberapa anak tampak berlarian ke sana-sini, anak-anak muda yang saling terbahak, atau beberapa keluarga yang tampak asyik bercengkerama adalah bukti bahwa mereka memang menyatukan diri dalam aura sukacita.

Suasana Makan malam yang Membahagiakan (Dok.Pri)
Suasana Makan malam yang Membahagiakan (Dok.Pri)
Vera Indah Pratiwi, Director of Sales and Marketing Swiss-belhotel Yogyakarta,  mengatakan bahwa acara seperti ini memang akan selalu diselenggarakan di Swiss-belhotel Yogyakarta demi menghibur masyarakat. “Setiap public holiday akan ada event di sini. Kami mengundang beberapa artis tiap waktu. Belum lama ini ada Denada,” pungkasnya. Apalagi untuk acara dinner Imlek yang digelar mulai 27 hingga 30 Januari ini, semua dipersiapkan secara matang.

Lalu, keunikan apa saja yang dipersembahkan kepada para tamu dalam rangka perayaan Imlek tahun ini? Berikut ringkasannya:

1. Sajian Chinese Food yang menggoyang lidah

Saya benar-benar ikhlas kasih 4 jempol untuk menu dinner di hotel ini. Semua makanan begitu nendang di lidah. Sangat wajar karena menu-menu lezat ini dimasak secara istimewa oleh chef tamu dari Swiss-Belhotel Malang, Samrodin, yang keahliannya memang dalam hal mengolah chinese food.

Menu Seafoods Salads (Dok.Pri)
Menu Seafoods Salads (Dok.Pri)
Menu Bebek Peking (Dok.Pri)
Menu Bebek Peking (Dok.Pri)
Menu Udang Telor Asin (Dok.Pri)
Menu Udang Telor Asin (Dok.Pri)

Sebagai contoh, saat saya mengincip Seafood Salad yang di dalamnya terdiri dari olahan cumi dengan daging tebal. Wuihhh, rasanya pas mantab bangetlah. Favorit saya lainnya adalah menu Udang Telor Asin, hasil olahan udang yang ukurannya besar-besar ini benar-benar maknyus saat menyentuh lidah dengan rasanya yang gurih dan manis. Kesimpulannya, semua menu yang dihidangkan malam itu memang memiliki taste yang sangat bagus.

Tak heran jika hampir setiap hari ada saja orang yang mampir ke Swiss-Helhotel Yogyakarta hanya untuk breakfast. “Menu makan pagi ‘Monggo Breakfast’ dengan promo Buy 1 Get 1 memang sangat laris. Ada saja social comunnity yang datang secara berombongan untuk sarapan. Mereka bilang taste di sini lebih nendang,” tambah Bu Vera.

2. Alunan lagu-lagu mandarin dan barat menambah kental nuansa romantis

Salah satu penyanyi bersuara merdu yang melantunkan lagu-lagu Tionghoa (Dok.Pri)
Salah satu penyanyi bersuara merdu yang melantunkan lagu-lagu Tionghoa (Dok.Pri)
Oh ya, suasana malam Tahun Baru Imlek ini terasa makin manis kala beberapa penyanyi bersuara merdu melantunkan lagu-lagu romantis dan bahagia. Lagu-lagu barat maupun mandarin yang mengibur para tamu, menghidupkan suasana Imlek yang penuh dengan sukacita. Ditemani hidangan menu mewah, setiap meja tampak gemuruh dengan suara candaan bersama orang-orang terkasih. Kebayang kan betapa menyenangkannya malam itu? :)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x