Humaniora

Kurangnya Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

22 Maret 2016   18:59 Diperbarui: 22 Maret 2016   19:06 1269 0 0

Pada dasarnya  orang tua merupakan lingkungan pertama  bagi anak untuk mendapatkan pendidikan. Pendidikan yang di terima anak dalam lingkungan keluarga sangat penting bagi masa depan anak itu sendiri, karena akan menentukan sifat dan  karakter anak pada masa yang akan datang. keterlibatan orang tua pada pendidikan  sangat penting, hal ini terbukti dari banyaknya dampak positif bagi anak. Dalam keluargalah anak dipersiapkan untuk membangun pengetahuan tentang perkembangan sebelum memasuki  tingkatan-tingkatan perkembangannya dunia lainnya seperti dunia orang dewasa, bahasa, adat istiadat dan kebudayaan.  Disamping keluarga, masyarakatpun menjadi tempat pendidikan yang pertama  bagi anak.

Keluarga merupakan pendidikan yang pertama yang membangun kreatifitas anak itu sendiri, jika sejak kecil anak kurang mendapat pendidikan dari  keluarga, akan timbul berbagai dampak negatif bagi anak seperti  kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sosial, pada saat memasuki bangku sekolah anak akan mengalami kesulitan untuk menerima pelajaran karena kurangnya perhatian yang diberikan oleh orang tua. Karena itulah orang tua dituntut untuk memberikan pendidikan  sedini bagi anak,  mungkin saat anak sudah mulai beradaptasi dengan dunia luar anak tidak akan mudah terbawa kedalam  hal-hal negatif yang banyak terjadi dilingkungan sosial, namun demikian masih banyak juga keluarga yang tidak terlalu memikirkan pendidikan bagi anak-anaknya, sehingga tidak sedikit orang tua yang melalaikan tanggung jawab mereka untuk memberikan pendidikan dan pengetahuan sedini mungkin kepada anak, dalam hal ini banyak faktor yang membuat orang tua melalaikan tanggung jawab mereka untuk memberikan pendidikan dan pengetahuan pada anak.

Faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya peran orangtua dalam memberi pendidikan bagi anak:

1.      Orangtua terlalu sibuk pada pekerjaannya

salah satu faktor kelalaian tersebut adalah kesibukan orang tua dan kurang harmonisnya keadaan keluarga. Keadaan ini dapat mengakibatkan anak terjerumus kedalam hal-hal yang tidak baik, serta pendidikan anak menjadi terabaikan.

2.      Broken home

Merupakan salah satu faktor yang banyak terjadi dan mengakibatkan orang tua kurang perhatian terhadap anaknya. Sehingga pendidikan anak pun ikut terpengaruhi.

3.      Kondisi ekonomi kurang

Pendidikan bagi anak sangatlah penting, akan tetapi ekonomi yang kurang mendukung juga menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab orang tua kurang memberikan pendidikan pada anaknya.

4.      Kurang kesadaran orang tua terhadap pendidikan

Sampai saat ini, masih banyak orang tua yang kurang perhatian terhadap pendidikan anaknya. Padahal dukungan terhdapat pendidikan anak sangatlah penting dan merupakan hal utama yang harus di perhatikan oleh orang tua.

 

Dapat saya simpulkan peran orang tua dalam pendidikan anak memilik peran yang sanagat penting karena orangtua adalah tempat pertama umtuk anak mendapatkan pendidikan sebelum mendapatkan pendidikan di sekolah. Orang tua yang baik akan tercermin dalam diri anaknya sehingga harus mendidik anaknya dengan sungguh-sungguh dan penuh kasih sayang. 

Sumber: Karya%20Tulis%20Ilmiah%20Peran%20Orang%20Tua%20Dalam%20Pendidikan%20_%20kelompok24bbgr.htm