Mohon tunggu...
Ria Ayu Oktavia
Ria Ayu Oktavia Mohon Tunggu... Jurnalis - Journalist and Food Addicts

Halo nama saya Ayu (nggak pakai K)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswi UNTAG Surabaya Lakukan Program Magang di iNewsTV Surabaya

6 Juli 2021   11:02 Diperbarui: 6 Juli 2021   11:15 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswi UNTAG Surabaya Lakukan Program Magang di iNewsTV Surabaya
Foto bersama Elda Prawinda (paling kanan) dengan jajaran Staf iNewsTV/dokpri

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Untag Surabaya terus melakukan pengabdian untuk berinteraksi dengan masyarakat. Tak hanya masyarakat yang berdomisili di sekitar saja, Untag juga terus mengadakan program magang untuk menjalin hubungan baik dengan antar agensi.

Seperti contoh yang dilakukan oleh mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi bernama Elda Prawinda. Mahasiswi semester akhir tersebut menjalankan program magang di iNewstv Surabaya. Walau melakukan magang ditengah pandemic Covid-19 dengan aktivitas yang terbatas, tidak membuat semangat Elda Prawinda padam.

Melakukan program magang ditengah pandemi bukan perkara mudah. Tak sedikit mahasiswa yang kesulitan dalam menentukan lokasi magang. Permasalahan yang sama dialami oleh iNewstv Surabaya yang dimana iNewstv Surabaya mempunyai kebajikan baru tentang jam operasionalnya.

"Sebelum pandemi jumlah kita lebih banyak antara shift satu dengan shift dua dan bisa berkomunikasi secara langsung, ketika ada pandemi ini kita harus menjaga interaksi secara langsung, jadi kantor memiliki kebijakan untuk mengurangi shift pekerjaan 50% yang dimana satu hari hanya ada satu shift aja dan bekerja secara bergantian," ujar Tri Ambarwatie sebagai salah satu Produser di iNewstv.

iNewstv Surabaya hanya menerima mahasiswa untuk magang di iNewstv Surabaya. Kebijakan yang diterapkan itulah yang membuat iNewstv Surabaya juga mengurangi jumlah pemagang.

"Alasan kami hanya memilih mahasiswa saja karena kami juga mengkhawatirkan kesehatan mereka, mereka ini kan masih sekolah yang dimana masih belum perhatian penuh dengan kesehatannya, disisi lain kita juga sudah mengurangi orang yang di kantor sehingga kita juga megurangi orang yang akan magang supaya imbang" imbuhnya.

iNewstv Surabaya menempatkan mahasiswa Untag di bagian asisten produser. Tujuannya tak lain untuk memberikan wawasan bagaimana proses produksi sebuah berita dari awal hingga akhir. Mulai dari proses pengambilan berita, mengirimkan ke produser, penulisan naskah berita, hingga editing dan proses penayangan.

Elda prawinda menulis naskah berita/dokpri
Elda prawinda menulis naskah berita/dokpri

"Saya dapat banyak ilmu baru dan pastinya bermanfaat. Saya diajarkan dubbing, itu sangat menyenangkan," ujar Elda.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN