Ria Amelia Usman¹, Novianty Djafri²
Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universtas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Setiap anak mungkin memiliki karakteristik individu yang berbeda dengan anak lainnya. Setiap anak adalah unik.Walaupun lahir dari rahim yang sama dan dibesarkan dalam lingkungan yang sama, setiap anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang berbeda secara fisik, psikis, sosial dan kehidupan maupun kebijakan spiritual.Faktror psikologis siswa yang diperhatikan dalam pembelajaran meliputi kecerdasan,emosi,motivasi,minat dan gaya belajar.
PENDAHULUAN
Memahami perbedaan siswa adalah cara yang memerlukan usaha yang tidak ada habisnya. Peserta didik atau peserta didik merupakan objek utama dari terselenggaranya sistem pendidikan. Siswa adalah tujuan utama dari sistem pendidikan. Sistem pendidikan praktis diharapkan dapat menghasilkan orang-orang yang berkualitas dari para siswa yang belajar dalam sistem pendidikan praktis.
Perbedaan-perbedaan tersebut harus benar-benar diperhatikan agar guru dapat mengelola dan melaksanakan pembelajaran individual dan kolektif dengan cara yang sesuai dan konsisten dengan sistem pendidikan yang digunakan dan diterapkan. Perbedaan individu tidak hanya terkait dengan tingkat kognitif, tetapi harus mencakup semua aspek, termasuk perkembangan, gaya belajar, karakter, dan lingkungan sosial tempat siswa tumbuh.
METODE
Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penyusunan artikel penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang melibatkan perolehan data atau informasi dari buku, jurnal, manuskrip, catatan, dan lain-lain.Hal ini menurut hemat peneliti untuk memudahkan dan mengurangi waktu, tenaga dan biaya dalam penulisan artikel ini.
PEMBAHASAN
Perbedaan individu (individual differences) adalah suatu perbedaan yang dimiliki oleh setiap manusia baik fisik maupun non fisik yang menjadikan seseorang memiliki karakter/ ciri-ciri yang abnormal antara satu dengan yang lain. Perbedaan individu merupakan faktor penting yang mendasari pengembangan metode pengajaran yang dipersonalisasi.Â