Mohon tunggu...
Rhiken Dasa A
Rhiken Dasa A Mohon Tunggu... ᵃ ᶜᵒˡˡᵃᵍᵊ ˢᵗᵘᵈᵊⁿᵗ 🌎

You Only Live Once.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menjadi Guru yang Hebat

11 Juni 2021   11:14 Diperbarui: 11 Juni 2021   11:31 68 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadi Guru yang Hebat
cr. deribbble.com

Menurut wikipedia, salah satu enklopedia bebas, (bahasa Sanskerta: yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah "berat") adalah seorang pengajar suatu ilmu.

Dalam artian yang lebih umum, guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru.

Secara formal, guru adalah seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana, dan telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia.

Guru adalah seorang memiliki kemampuan dan kelebihan untuk mentrasferkan ilmu kepada muridnya. Kata guru miliki makna "digugu dan ditiru" di dalamnya yang artinya mereka adalah contoh dan panutan.

Di sini dapat kita simpulkan bahwa guru adalah seseorang yang memiliki ilmu dan mentransferkan ilmu-ilmunya tersebut kepada muridnya sehingga dapat memberikan manfaat.

Namun yang diberikan oleh guru bukanlah sekedar ilmu dalam bidang pengetahuan dan materi pelajaran saja, tapi juga mengajarkan karakter, akhlak yang baik, serta membimbing muridnya menjadi manusia kamil yang dapat berguna di kehidupannya.

Inti dari kesuksesan seorang guru tak lain ialan kesuksesan para muridnya, baik dalam pendidikan ilmu pengetahuan dan juga karakter serta akhlak dan perilaku yang baik.

Guru adalah seseorang yang tugasnya memberikan inspirasi dan semangat kepada anak didiknya. Ia harus selalu berkobar-kobar untuk menyemangati anak didiknya. Karena jika bukan guru, maka siapa lagi yang akan menyemangiati mereka.

Guru adalah seorang panutan, setiap langkah dan ucapannya akan diikuti oleh anak didiknya. Seorang guru dituntut untuk menjadi sempurna. Memang benar jika guru hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan.

Namun ada baiknya ketika seseorang sudah memutuskan menjadi seorang guru, hendaknya ia berusaha untuk belajar menjadi guru yang baik dan dihormati. Karena ketika ia menjadi seorang guru, ia memiliki tanggung jawab untuk mencerdaskan murid-muridnya, baik cerdas dalam prestasi maupun karakternya.

Guru adalah komponen utama dan terpenting dalam di bangunnya sebuah sekolah. Tanpa seorang guru, kegiatan belajar mengajar tidak akan bisa tersalurkan dan terlaksanakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN