Mohon tunggu...
Rizky Hanna Ekaputri
Rizky Hanna Ekaputri Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger, Financial Advisor, Public Relation Enthusiast

Lahir di Barat Indonesia. Besar di Timur Indonesia. Ceritanya ada di www.rizkyhanna.com.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Dari Novel Favorit Hingga Menjadi Karier: Editor Buku

28 Mei 2024   08:05 Diperbarui: 29 Mei 2024   07:56 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Nick Morrison on Unsplash 

Sebagai seorang mantan pembaca buku kelas berat, membaca buku dimanapun dan kapanpun merupakan sebuah keharusan. Apalagi bila buku tersebut memiliki alur bertutur yang baik dan membuat diri tenggelam dalam imajinasi. Dalam proses menulis sebuah buku, ada peran penulis yang memiliki ide awal dan konsep penulisan mereka pada plot tulisannya. Selain itu, peran editor buku merupakan orang di balik layar bagaimana tulisan-tulisan di buku bisa enak dibaca, dan juga dipahami. Sebuah kolaborasi yang mengagumkan antara penulis dan editor buku. Walau kita banyak mengenal profesi penulis buku, akan tetapi kita jarang berinteraksi dengan editor buku. Mari perkenalkan, Mas Rudi, blogger dari www.belalangcerewet.com dan seorang editor buku. Melalui Live Instagram di akun CAK KAJI (Cangkrukan Kompasiana Jatim) yang dipandu oleh @ammahchemist, Mas Rudi memperkenalkan profesinya kepada generasi MZ. 

Berawal dari kesukaan Mas Rudi terhadap novel yang ditulis N.H. Dini, seorang penulis novel Indonesia legendaris yang mengakui karya beliau bisa disulap secara ciamik dengan tangan dingin para editor yang berada di balik layar. Editor menjadi pekerjaan yang menyenangkan karena selain memperbaiki ejaan, juga membantu para penulis untuk memberikan insight yang berguna agar pembaca semakin betah menikmati buku. Pengalaman Mas Rudi sebagai seorang editor buku adalah editor inhouse di penerbit buku sekolah, lalu mencoba peruntungan  dengan pindah ke penerbit buku populer genre motivasi dan bisnis. Untuk freelance, pernah ikut mengedit kamus Indonesia-Inggris Hassan Sadily & John M. Echols terbitan Gramedia.

Untuk menjadi editor buku yang baik, Mas Rudi memberikan berbagai tips dan trik yang membantu orang-orang yang terinspirasi untuk menjadi editor buku. Menguasai ejaan, tata bahasa, dan bersahabat dengan kamus dan thesaurus, memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni, kejelian untuk membaca kebutuhan pasar, menguasai bahasa asing (minimal bahasa Inggris), memiliki kepekaan bahasa untuk mengemas atau mengolah naskah,berwawasan luas dan kemampuan menulis adalah hal-hal yang menjadi fondasi seorang editor buku. Selain itu, Mas Rudi menyarankan membuat proyek pribadi berupa melakukan editing untuk naskah-naskah pendek, untuk mengumpulkan portofolio yang berguna jika ingin menunjukkan sejauh mana kemampuan diri melakukan editing naskah ke penerbit.  

Menarik bukan menjadi editor buku? Dengan konsistensi dan juga kemauan diri sendiri, sekarang menjadi editor buku menjadi lebih mudah dengan banyaknya media yang digunakan untuk belajar. Semangat calon editor buku.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun