Mohon tunggu...
Rafli Fadillah Bramasta
Rafli Fadillah Bramasta Mohon Tunggu... Freelancer - ENFP

19 tahun, pelajar

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Melonjaknya Pemesanan Tiket Kereta Api di Penghujung Tahun

22 November 2019   02:53 Diperbarui: 22 November 2019   02:56 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Pada bulan November ini, banyak masyarakat yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menikmati libur panjang di penghujung tahun 2019 ini. Berbagai rencana liburan ataupun sekedar bertemu kawan kawan hangat di kampung halaman menjadi salah satu alasan bulan Desember merupakan bulan yang dinanti nanti karena sebagian aktivitas kerja, studi, dan segala kesibukan lainnya akan rehat sejenak sembari menyambut tahun baru yang akan datang.

Antusiasme masyarakat untuk menyambut libur panjang ini mulai perlahan nampak. Berbagai pesanan tiket transportasi mendadak menjadi seperti tiket konser artis internasional yang jika terlewat beberapa menit saja akan ludes habis. Hal ini tak terkecuali moda transportasi darat kereta api.

Di suatu malam saya sengaja begadang demi mendapatkan tiket Jakarta - Yogyakarta via pemesanan online karena berdasarkan regulasi yang baru, kita hanya dapat memesan tiket kereta H-30 atau sebulan sebelum keberangkatan kereta. Dan ada hal yang benar benar tidak saya duga, malam itu saya refresh berkali kali halaman pemesanan online tersebut namun tak kunjung jua membuahkan hasil. Tiket kereta tidak tersedia katanya. Dan yang lebih membuat saya cemas adalah tiba tiba saja server down dan tidak bisa diakses.

Setelah beberapa menit saya menatap layar smartphone, ternyata tiket incaran saya (tentu dengan harga yang paling terjangkau) sudah ludes terjual. Hahaha, ya sedikit kesal dan saya bertanya tanya, ini yang pesen pake cheat atau bagaimana? hahaha. Saya masih tidak percaya, lalu saya mencoba mencari di Twitter dengan keyword "Tiket Kereta" dan yap, saya mendapati beberapa orang mengeluh tidak kebagian tiket dan berbagai alasan lainnya seperti tidak bisa melakukan transaksi saat sudah memesan.

Dalam hati saya sedikit kesal namun ternyata jika saya melihat keluhan para calon pembeli tiket, ada rasa menggelitik di diri saya dan perlahan hilanglah kesal itu dengan sambatan sambatan lucu ala warga twitter tersebut.

"War tiket kereta udah kek tiket konser exo" "Ini yang pesen pakai tuyul atau bagaimana?" dan lain lainnya yang menjadi humor tersendiri bagi saya karena momen ini. Menurut saya, alangkah baiknya bila hari pemesanan tiket kereta bisa dimulai dari H-20 saja agar tidak membuat calon pelanggan kecewa dan kita lebih bisa mempersiapkan rencana liburan dengan baik. Adapun, sebaiknya pada hari liburan, KAI menambah jumlah gerbong yang dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam tawaf raksasa yang selalu dinanti di penghujung tahun. Semoga saja pada musim liburan ini kita bisa bertemu keluarga dan sanak saudara agar melepas penat dari rutinitas sehari hari. Tentunya didukung dengan layanan transportasi dengan jumlah masif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun