Mohon tunggu...
Reza Takririyah
Reza Takririyah Mohon Tunggu... writing, reading novel, and blue is my favorite colour

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Digital Writing, Transisi di Era Digital

31 Agustus 2020   03:33 Diperbarui: 31 Agustus 2020   17:25 552 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Digital Writing, Transisi di Era Digital
Image: alona.co.id

Saat ini semua lini kehidupan telah memasuki era yang dinamakan dengan era digital. Yaitu era di mana teknologi berkembang pesat dan semakin canggih tentunya. 

Hampir semua kegiatan sehari-hari manusia dimediasi oleh teknologi seperti Smartphone, Laptop, Komputer, dan Internet, tak terkecuali kegiatan seperti menulis.

Di era digital seperti saat ini, menulis tetap dinggap sebagai sesuatu yang penting untuk dilakukan sebab digunakan sebagai sarana pembelajaran dan partisipasi sosial baik itu di dalam maupun di luar lingkup pendidikan.

Dahulu kegiatan menulis dilakukan di atas kertas dan menggunakan sebuah pena. Akan tetapi, kegiatan menulis di era digital ini sangatlah berbeda.

 Menulis dapat dilakukan dengan bantuan komputer yang terhubung dengan internet atau platform digital seperti blog, website, media sosial, dan lain sebagainya. Penggunaan komputer memungkinkan teks yang dibuat akan jauh lebih halus, rapi, dan dapat ditambahkan gambar maupun grafik dengan mudah. Di lain sisi penggunaan platform digital membuat tulisan yang dihasilkan dapat dibagikan, didistribusikan, dan diakses dengan mudah oleh setiap orang.

Pengertian Penulisan Digital / Digital Writing 

Merujuk pada pengertian penulisan digital dalam Buku Why Digital Writing Matters (2010), menurut Catherine Byron tulisan digital ialah penulisan kreatif yang menggunakan alat atau perangkat lunak digital sebagai bahan intergral dari konsepsi dan penyampainnya. 

Sedangkan Stevenson memberi pengertian yang lebih sederhana tentang penulisan digital, yaitu segala bentuk tulisan yang membutuhkan komputer  dan alat digital lain untuk pengaksesannya.

Dua pengertian diatas rasanya masih cukup sederhana dan kurang luas, Tim Wright kemudian menyempurnakan pengertian dari Digital Writing, yaitu penulisan yang bersifat kolaboratif/partisipatif, penulisan hypertext, tulisan improvisasi 'real time', penulisan media baru (misalnya kepenulisan multimedia), puisi kode, penulisan programatik, permainan peran online, penulisan jurnal/blogging, pembangunan komunitas internasional, E-learning, permainan game.

Tantangan dalam Penulisan Digital 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x